Asap Rokok Bisa Sebabkan Pneumonia dan Keguguran

Kamis, 04 Mei 2017 - 09:00 WIB
Asap Rokok Bisa Sebabkan Pneumonia dan Keguguran
Asap Rokok Bisa Sebabkan Pneumonia dan Keguguran
A A A
BEBERAPA waktu lalu media sosial diramaikan dengan postingan seorang pengguna mengenai jeritan seorang ibu yang anaknya didiagnosis mengidap pneumonia. Agam nama anak dari Nova Lyla Sari, harus mendapat perawatan intensif karena asap rokok. Ia, adalah salah satu perokok pasif yang menjadi korban.

Pneumonia adalah penyakit radang paru. Gejala khasnya meliputi batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas. Pastinya jika tak cepat diatasi, kondisi terburuk bisa menyebabkan kematian.

Dampak asap rokok memang bukan hanya dialami oleh si penikmatnya saja. Orang di sekeliling pun siap menanggung risiko, seperti wanita hamil misalnya. Keguguran menjadi risiko terbesar yang bisa dialami.

Menurut Dr. Budhi Imansyah, Sp.P, merokok menghasilkan pembakaran. Asap yang dihirup oleh si perokok, lalu diembuskan ke udara. Asap yang diembuskan dan asap hasil pembakaran ujung rokok kemudian menyebar ke udara dan dihirup oleh orang-orang yang tidak merokok.

Tidak banyak yang mau peduli dengan kenyataan bahwa 85 persen asap rokok dihirup oleh perokok pasif. Hanya 15 persen yang dihirup oleh perokoknya. Hitungan matematis yang cukup menyedihkan!

Apakah hanya pneumonia dan keguguran saja yang bisa dialami perokok pasif? Ingin tahu selengkapnya bahasan soal bahaya dari asap rokok ini? Simak selengkapnya di Tabloid Mom & Kiddie Edisi 19/XI/2017 yang terbit Kamis (4/5/2017)
Asap Rokok Bisa Sebabkan Pneumonia dan Keguguran
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)