Manfaat Pakcoy, Sayuran Hijau yang Bisa Hindari Diabetes

Minggu, 17 September 2023 - 07:03 WIB
loading...
Manfaat Pakcoy, Sayuran Hijau yang Bisa Hindari Diabetes
Bok choy atau pakcoy merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan nutrisi yang kerap masuk dalam resep makanan yang lezat. Foto/pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Bok choy atau pakcoy merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan nutrisi yang kerap masuk dalam resep makanan yang lezat.

Pakcoy dapat disantap dalam berbagai resep. Bisa ditumis, kukus dan panggang. Juga dapat digunakan dalam sup dan ramen atau hanya dalam salad.



Dikutip dari pinkvilla pada Sabtu (16/9/2023), pakcoy kaya akan vitamin dan mineral, terutama dengan peningkatan kadar kalsium, zat besi, dan vitamin A.

Manfaat Pakcoy

1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sayuran kucifer seperti pakcoy, brokoli dan kultivar berdaun hijau lainnya kaya akan antioksidan seperti vitamin, terutama A, C, dan K. Kandungan ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan hasil dari berbagai proses dalam tubuh seperti produksi energi dan proses metabolisme lainnya.

Senyawa alami lain yang sangat bermanfaat yang ditemukan dalam sayuran silangan ini adalah sulforaphane. Menurut jurnal tersebut, sulforaphane berpotensi memperlambat kerusakan tulang rawan pada osteoartritis dengan menahan proses inflamasi.

2. Membantu Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian, sayuran cruciferous berkorelasi secara efisien dengan pencegahan karsinogenesis, yang didefinisikan sebagai transformasi sel normal menjadi sel kanker.

Asupan tinggi sayuran seperti pakcoy, kangkung, brokoli, dan sawi cina dapat menurunkan risiko perkembangan kanker.
Manfaat Pakcoy, Sayuran Hijau yang Bisa Hindari Diabetes

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian, konsumsi sayuran berdaun hijau seperti pakcoy dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Hal ini didukung oleh fakta bahwa pengikatan resirkulasi asam empedu dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular, yang mungkin disebabkan oleh agen tertentu yang terdapat pada sayuran berdaun hijau.

4. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Pakcoy memiliki kandungan magnesium makanan yang tinggi. Komponen ini ditemukan mempengaruhi banyak kelainan metabolisme. Kelainan metabolisme seperti resistensi insulin berkorelasi dengan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit terkait jantung. Asupan sayuran berdaun hijau bersama dengan biji-bijian, buah-buahan, dapat membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.


5. Mencegah Risiko Penyakit Mata

Sebagaimana dicatat dari penelitian yang berkaitan dengan pencegahan degenerasi makula dan penyakit terkait mata, diketahui bahwa tiga vitamin penting untuk menurunkan risiko degenerasi makula adalah vitamin A, C, dan E.

Vitamin esensial dan antioksidan ini banyak terdapat di dalamnya. dalam sayuran berdaun hijau dan sayuran seperti pakcoy yang membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, mineral seperti zinc dan selenium yang terdapat dalam pakcoy membantu meningkatkan kesehatan mata.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)