6 Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis, Jahe, dan Cengkih, Bisa Turunkan Berat Badan

Sabtu, 16 September 2023 - 07:30 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis, Jahe, dan Cengkih, Bisa Turunkan Berat Badan
Manfaat minum air rebusan kayu manis, jahe, dan cengkih untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini memiliki sifat antimikroba yang dapat menangkal infeksi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat minum air rebusan kayu manis , jahe , dan cengkih untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menangkal infeksi.

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde, senyawa aktif yang menunjukkan efek antioksidan dan anti-inflamasi. Sedangkan jahe yang dikenal dengan rasa pedasnya yang khas, kaya akan gingerol, zat bioaktif dengan manfaat anti-mual, anti-inflamasi, dan pencernaan.

Sementara cengkih, kuncup bunga kering pohon syzygiumaromaticum mengandung eugenol yang memiliki sifat analgesik dan antimikroba.

Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis, Jahe, dan Cengkih



Berikut manfaat minum air rebusan kayu manis, jahe dan cengkih dilansir dari Indian Express, Sabtu (16/9/2023).



1. Menyehatkan Pencernaan


Teh kayu manis, jahe, dan cengkih dapat membantu pencernaan dengan mengurangi kembung, gas, dan gangguan pencernaan. Kemampuan jahe dalam merangsang air liur dan enzim pencernaan, dipadukan dengan sifat anti inflamasi pada kayu manis dan cengkih, dapat menenangkan saluran pencernaan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Ketiganya memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menangkal infeksi. Selain itu, antioksidannya memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan stres oksidatif dan ancaman eksternal.

3. Menghilangkan Rasa Sakit


Cengkih mengandung eugenol, obat penghilang rasa sakit alami. Jika dikonsumsi sebagai bagian dari air rebusan, minuman ini dapat meredakan sakit kepala dan nyeri otot.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)