5 Penyebab Kadar Gula Darah Sulit Turun, Salah Satunya Dehidrasi

Senin, 18 September 2023 - 08:19 WIB
loading...
5 Penyebab Kadar Gula Darah Sulit Turun, Salah Satunya Dehidrasi
Ada beberapa penyebab kadar gula darah sulit turun. Gula darah tinggi atau hiperglikemia, terjadi ketika terdapat kelebihan glukosa dalam aliran darah. Foto/News Medical
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyebab kadar gula darah sulit turun. Gula darah tinggi atau kondisi yang dikenal juga sebagai hiperglikemia, terjadi ketika terdapat kelebihan glukosa dalam aliran darah.

Kondisi ini disebabkan karena ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin secara efektif. Biasanya dikaitkan dengan diabetes, gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, jaringan, dan organ jika tidak ditangani dalam jangka waktu lama.

Berikut penyebab kadar gula darah sulit turun dilansir dari Times of India, Senin (18/9/2023).

Penyebab Kadar Gula Darah Sulit Turun





1. Dehidrasi


Air memainkan peran penting dalam mengatur kadar gula darah. Dehidrasi dapat menyebabkan konsentrasi gula darah lebih tinggi, karena tubuh mencoba menghemat air dengan mengurangi buang air kecil.

Saat Anda mengalami dehidrasi, ginjal mengeluarkan lebih sedikit air melalui urine, dan akibatnya, gula tidak dikeluarkan dari sistem secara efektif. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Untuk mencegah hal ini, pastikan Anda cukup terhidrasi sepanjang hari dan usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari.

2. Ngemil Larut Malam


Ngemil larut malam bisa membuat kadar gula darah sulit dikendalikan. Mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat atau bergula menjelang waktu tidur dapat menyebabkan lonjakan gula darah, terutama jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik setelahnya.

Metabolisme tubuh melambat pada malam hari, sehingga lebih sulit mengatur gula darah secara efektif. Untuk mencegah lonjakan gula darah di malam hari, usahakan untuk menghindari camilan berat atau bergula sebelum tidur. Jika Anda merasa lapar, pilihlah camilan ringan kaya protein yang tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah secara signifikan.

5 Penyebab Kadar Gula Darah Sulit Turun, Salah Satunya Dehidrasi

Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4487 seconds (0.1#10.140)