Tak Ingin Ada Insiden, Kemenparekraf Usulkan Museum Jadi Objek Vital Nasional

Senin, 18 September 2023 - 22:00 WIB
loading...
Tak Ingin Ada Insiden, Kemenparekraf Usulkan Museum Jadi Objek Vital Nasional
Museum Nasional Indonesia mengalami kebakaran belum lama ini. Foto/Instagram Museum Nasional Indonesia
A A A
JAKARTA - Museum Nasional Indonesia mengalami kebakaran belum lama ini. Hal itu mengundang perhatian banyak pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Nia Niscaya menyatakan keprihatinan atas musibah tersebut. Meskipun kondisi museum kini sudah terkendali dan tak ada korban jiwa.

"Fokus utamanya saat ini adalah mengevaluasi koleksi-koleksi yang tempatnya terkena dampak kebakaran untuk dipindahkan sementara ke tempat yang lebih aman," kata Nia Niscaya dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (18/9/2023).



Nia menambahkan, saat ini penyebab kebakaran sedang dalam penyelidikan. Dia berharap kejadian seperti itu tidak terulang lagi.

“Menurut Dirjen Kebudayaan jangan sampai menghalangi usaha transformasi museum Indonesia," tambahnya.

Untuk mencegah hal tersebut, Kemenparekraf mengusulkan agar beberapa museum dijadikan objek vital.

"Ini baru usulan kita supaya lebih ketat penjagaannya. Kita masih bahas bagaimana pelaksanaannya untuk kita usulkan nanti. Tentunya nanti akan melibatkan lintas sektor, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," beber Nia.

Seperti diketahui, kebakaran di Museum Nasional Indonesia terjadi pada Sabtu, 16 September 2023, di malam hari. Insiden tersebut penyebabkan enam ruangan di Gedung A terpengaruh oleh api. Sementara, 15 ruangan di Gedung A serta ruangan pamer di Gedung B dan C tidak mengalami kerusakan sama sekali.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)