Mengenal Penggunaan Kontrasepsi

Sabtu, 13 Mei 2017 - 22:08 WIB
Mengenal Penggunaan Kontrasepsi
Mengenal Penggunaan Kontrasepsi
A A A
JAKARTA - Kontrasepsi merupakan metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing memiliki manfaat dan kekurangan.

Guru Besar Ilmu Obsteri dan Ginekologi Dr Biran Affandi mengatakan penggunaan kontrasepsi yang baik tidak akan menyebabkan kehamilan. Dia menjelaskan bahwa wanita harus banyak mengenali penggunaan kontrasepsi.

"Gampang kalau penggunaan kontrasepsi yang aman, kenali dulu jenis kontrasepsi yang mau dipakai. Kalau misalnya jenis kontrasepsi yang mau dipakai, seperti kontrasepsi temporer yang biasanya pakai pil KB itu, maka enggak ada tips khususnya, kecuali memakai kontrasepsi spons," kata Dr Biran di Jakarta.

Untuk penggunaan kontrasepsi spon dan kondom khusus wanita, dia menyerankan untuk lebih berhati-hati. Sebab, penggunaan spons ini hanya untuk sekali pakai dan harus diteleti lagi dengan mengecek kadaluarsanya agar tidak menimbulkan banyak efek kesehatan.

"Sekali pakai yang mengandung spermisida. Spons ini diletakkan jauh di dalam vagina, dekat leher rahim, 24 jam sebelum melakukan hubungan seksual, jadi di cuci dulu dan lihat kaduluarsanya," terang dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5682 seconds (0.1#10.140)