14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Selasa, 19 September 2023 - 22:10 WIB
loading...
14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024
Rakyat AS akan memberikan suaranya pada pemilu presiden pada 2024 mendatang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sepuluh calon dari Partai Republik sedang mencari nominasi dari partainya untuk pemilu November 2024 untuk menghadapi Presiden AS Joe Biden, yang menghadapi dua tantangan jangka panjang untuk menjadi calon dari Partai Demokrat.

Berikut adalah 14 bakal calon presiden AS pada pemilu 2024

1. Donald Trump

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Donald Trump, 77 tahun, telah menerima dakwaan atas empat kasus kriminal terpisah - yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi mantan presiden AS - yang telah meningkatkan popularitasnya di kalangan Partai Republik dan membantunya menjadi kandidat terdepan dalam persaingan partainya untuk nominasi presiden.

Trump menyebut dakwaan tersebut sebagai bagian dari perburuan penyihir yang bermotif politik untuk menggagalkan upayanya untuk mendapatkan masa jabatan empat tahun yang kedua, sebuah pernyataan yang dibantah oleh Departemen Kehakiman.

Sebagai tanda bahwa ia memegang kendali yang luar biasa di partainya, hanya dua pesaingnya pada debat pertama presiden dari Partai Republik pada 23 Agustus yang mengatakan mereka tidak akan mendukungnya sebagai calon presiden jika ia terbukti bersalah.

Trump telah berjanji untuk memberlakukan pembatasan imigrasi yang lebih ketat dan pembatasan perdagangan dengan China, serta melakukan pembalasan politik terhadap orang-orang yang dianggap telah berbuat salah terhadap dirinya.

Dia mempunyai pengaruh yang kuat terhadap sayap kanan partainya, namun mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan dukungan dari kelompok moderat dan independen dalam pemilihan umum jika dia memenangkan nominasi Partai Republik.


2. Ron DeSantis

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Setelah peluncuran kampanye yang penuh kesalahan pada bulan Mei di Twitter, yang sekarang disebut X, DeSantis memposisikan dirinya di sebelah kanan Trump dalam sejumlah isu sosial utama seperti aborsi.

Namun kampanyenya yang didanai dengan baik sulit mendapatkan dukungan, dan donor utamanya mengatakan dia tidak akan memberi gubernur Florida lebih banyak uang kecuali dia mengadopsi pendekatan yang lebih moderat.

DeSantis, 44 tahun, adalah saingan utama Trump, namun masih tertinggal sekitar 40 persen dari mantan presiden tersebut dalam jajak pendapat. Dia telah memecat stafnya dan memulai kembali kampanyenya beberapa kali sejak bulan Mei, namun langkah-langkah tersebut tidak banyak membantu meningkatkan pencalonannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)