7 Fungsi Air Purifier, Bersihkan Udara Ruangan dari Polusi

Selasa, 19 September 2023 - 16:26 WIB
loading...
7 Fungsi Air Purifier, Bersihkan Udara Ruangan dari Polusi
Fungsi air purifier sebagai pembersih udara ruangan sangat dibutuhkan, terlebih di tengah keadaan ibu kota yang saat ini penuh dengan polusi. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Fungsi air purifier sebagai pembersih udara ruangan sangat dibutuhkan, terlebih di tengah keadaan ibu kota yang saat ini penuh dengan polusi.

Air purifier adalah sebuah alat yang memiliki teknologi untuk membersihkan udara di dalam sebuah ruangan. Alat ini tidak sama dengan air conditioner (AC) yang mengeluarkan udara dingin. Air purifier justru mengeluarkan udara segar yang bebas dari kotoran.

Biasanya, air purifier telah dilengkapi dengan filter penyaring udara yang akan mengubah udara kotor menjadi lebih bersih. Alat satu ini disebut-sebut ampuh untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman yang bertebaran di udara.

Fungsi Air Purifier

1. Menghilangkan Bakteri dan Bau Tidak Sedap
Fungsi Air purifier yang pertama adalah menghilangkan bakteri dan bau tidak sedap. Sebelum dipasarkan, air purifier harus lolos dalam serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui keefektifan alat dalam menghilangkan bau. Air purifier juga terbukti mampu membersihkan bakteri hingga virus di dalam rumah.

2. Menjaga Kualitas Tidur
Air purifier memiliki peran penting dalam menjaga kualitas tidur dengan membersihkan udara dari alergen, debu dan partikel-partikel halus lainnya yang dapat mengganggu pernapasan dan kesehatan.

Dengan menghilangkan polutan udara seperti serbuk, bulu hewan peliharaan, dan debu, air purifier membantu menciptakan lingkungan tidur yang lebih bersih dan sehat, mengurangi potensi reaksi alergi atau iritasi yang dapat mengganggu tidur nyenyak, serta meningkatkan kualitas udara di dalam kamar tidur untuk mendukung istirahat yang lebih baik dan terjaga.

3. Mengurangi Jamur
Manfaat air purifier berikutnya adalah untuk mengurangi jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Kemampuan dalam mengurangi jamur telah dibuktikan dengan adanya tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.

Tes yang dilakukan dengan metode menyemburkan ion PCI di ruangan berukuran 2.6 m3 , jamur tumbuh pada PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3 dan hasil dari tes membuktikan jumlah dan pertumbuhan jamur dapat dikurangi berkat air purifier.

4. Menghindari Alergi
Beberapa air purifier memiliki pemurnian 3-tahap yang terdiri dari pra-filter (biasanya karbon aktif), filter high-efficiency particulate air (HEPA), dan Ionizer yang melepaskan ion bermuatan negatif ke atmosfer yang kemudian secara positif mengisi partikel udara untuk membuatnya sangat berat, sehingga jatuh ke tanah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)