Pertempuran Makin Sengit, Shopee Live Buktikan Tetap Ungguli Semua Pesaing Live Shopping di Indonesia

Selasa, 19 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
Pertempuran Makin Sengit, Shopee Live Buktikan Tetap Ungguli Semua Pesaing Live Shopping di Indonesia
Ilustrasi e-commerce (Foto: dok Freepik)
A A A
JAKARTA - Belanja secara live tengah menjadi tren di masyarakat Indonesia saat ini. E-commerce beramai-ramai menggelar belanja secara real time, tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga menebar beragam promo menggiurkan.Di tengah persaingan ketat, Shopee Live masih mengungguli Live shopping di Indonesia dibanding kompetitornya seperti TikTok Live, Tokopedia Play, dan LazLive.

Shopee Live memang dirancang sebagai salah satu fitur di e-commerce Shopee untuk menghadirkan pengalaman berbelanja interaktif, sehingga siapapun pengguna baik pembeli dan penjual yang membuka Shopee Live sudah memiliki intensitas untuk jual beli secara real-time.

Fitur live shopping dari platform belanja e-commerce seperti Shopee Live desain lebih cocok untuk para brands dan sellers yang ingin memaksimalkan penjualannya dikarenakan traffic yang datang ke Shopee Live sudah mempunyai rencana dan niat berbelanja.

Para pesaing Shopee seperti masih harus mengatur strateginya agar dapat unggul dalam tatanan persaingan platform live streaming. Melalui riset Populix yang bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada bulan Juni lalu, menunjukkan 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui TikTok Live (25 persen). Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live hanya mendapatkan 30 persen.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Dimana pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui salah satu pesaingnya, TikTok Live dengan persentase 30 persen. Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen jauh di atas TikTok Live (31 persen).

Hal ini sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik. Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain:
Pertempuran Makin Sengit, Shopee Live Buktikan Tetap Ungguli Semua Pesaing Live Shopping di Indonesia

(Foto: dok Istimewa)

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa posisi kuat Shopee Live jauh melampaui hal ini dilatarbelakangi oleh kemudahan dan kelengkapan fitur live streaming ini dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

“Seneng pokoknya belanja di shopee live, banyak untungnya gak kaleng-kaleng, kualitas barangnya juga dijamin bagus, simple dan gratis ongkirnya juga gila-gilaan, Shopee is the best,” tutur Dinda salah satu pelanggan setia Shopee.

Terus Mendominasi, Shopee Live Lebih Unggul
Melalui siaran pers mengenai pencapaian kampanye 9.9, Shopee menyatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan beragam kemeriahan yang dihadirkan, terlihat dari peningkatan Shopee Live ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa. Respon luar biasa dari penonton live shopping di kampanye ini turut menunjukan bagaimana Shopee Live berperan penting sebagai platform untuk memenuhi kebutuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3034 seconds (0.1#10.140)