alexa snippet

10 Lagu Chris Cornell yang Wajib Ada di Playlist Anda

10 Lagu Chris Cornell yang Wajib Ada di Playlist Anda
Mau bersama Soundgarden, Temple of the Dog, Audioslave atau rocker solo, Chris Cornell akan selalu dikenang sebagai rocker dengan suara paling khas. (BBC)
A+ A-
NEW YORK - Kematian Chris Cornell meninggalkan duka mendalam bagi pencinta musik, khususnya musik rock. Pria yang meninggal pada usia 52 tahun akibat gantung diri ini dikenal sebagai salah satu punggawa musik grunge pada era 1980an—1990an.

Chris pertama kali masuk ke dunia grunge bersama band asal Seattle, Soundgarden. Begitu band ini vakum, dia melanjutkan perjalanannya dengan Audioslave. Dia juga dikenal sebagai seorang penyanyi solo dan pendiri Temple of the Dog.

Banyak lagu yang telah dihasilkan Chris semasa hidupnya. Dikutip dari New York Times, berikut 10 lagu karya rocker kelahiran Seattle yang wajib Anda nikmati.

1. Loud Love (Soundgarden — 1989)

Dari sejak awal, Chris adalah seorang penyorak yang kaya dengan suara seperti geraman bergerigi. Loud Love adalah salah satu yang paling menonjol dari album kedua Soundgarden, Louder Than Love. Penampilan Chris itu macho, seperti seorang atlet angkat besi yang melakukan angkat beban intensif.

2. Hunger Strike (Temple of the Dog — 1990)


Di sinilah grunge berada dalam keagungan dan dukanya. Di lagu ini, vokal Chris bertabrakan dengan vokal khas Eddie Vedder dari Pearl Jam. Keduanya berkolaborasi untuk super group Temple of the Dog. Di lagu ini, lirik Chris begitu cantik, tapi, ketika dia menjawab erangan rendah Eddie dengan lengkingan tinggi pada ref, itu sangat mengerikan.

3. Rusty Cage (Soundgarden — 1991)

Lagu pembuka dari album yang meroketkan nama Soundgarden, Batmotorfinger, memperlihatkan Chris dalam mode yang lebih santai. “You wired me awake/And hit me with a hand of broken nails,” teriak Chris dengan riff heavy metal yang lebih sederhana.

4. Outshined (Soundgarden — 1991)

Mungkin ini adalah lagu transenden pertama Soundgarden dan salah satu moment pemecah grunge. Outshine adalah lagu hard rock yang renyah dan elegan.

“I just looked in the mirror/And things aren’t looking so good/I’m looking California and feeling Minnesota.”

5. Seasons (Chris Cornell — 1992)

Balada solo yang cantik ini adalah salah satu soundtrack film Singles. Di lagu ini, Chris melunakkan amarah dengan rasa manis, kelaparan dengan bungkam.

“Dreams have never been the answer/And dreams have never made my bed,” keluhnya.

6. Black Hole Sun (Soundgarden — 1994)

Lagu ini mungkin adalah salah satu lagu Soundgarden yang paling kondang berkat performa vokal khas Chris. No one sings like you anymore, Chris.

7. Ty Cobb (Soundgarden — 1996)


Di antara lagu yang paling menyakitkan dalam diskografi Soundgarden, Ty Cobb adalah serangan punk tanpa henti yang menampilkan eraman Chris yang paling puncak.

8. Burden in My Hand (Soundgarden — 1996)

Pada penampilan terbaiknya, Chris terdengar seperti pelolong yang paling kesepian, orang terakhir di ujung jalan berdebu. Burden in My Hand, salah satu hit terbesar Soundgarden, memiliki elemen country rock.

“Just a burden in my hand/Just an anchor on my heart/Just a tumor in my head.”

9. I Am the Highway (Audioslave — 2002)


Lagu ini adalah satu di antara single yang lebih lembut dari album pertama Chris sebagai vokalis Audioslave, band yang dia bentuk bersama para personel Rage Against The Machine. Lagu ini juga merupakan penampilan vokal Chris yang paling mengerikan, penuh keputuasaan dan pemberontakan.

“I am not your rolling wheels, I am the highway/I am not your carpet ride, I am the sky.”
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top