Manfaat Pare untuk Kesehatan Kulit

Senin, 22 Mei 2017 - 20:47 WIB
Manfaat Pare untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Pare untuk Kesehatan Kulit
A A A
JAKARTA - Pare terkenal sebagai sayuran bercita rasa pahit yang kerap dihindari. kendati rasanya tidak selezat kudapan lain, namun pare memiliki khasiat luar biasa, terutama untuk kesehatan kulit.

Selain membuat kulit lebih bercahaya, pare juga bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kulit wajah. Dikutip Boldsky, berikut 5 manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Membuat kulit lebih bercahaya
Pare terbukti dapat membantu membersihkan kotoran dan debu dari wajah sehingga membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Banyaknya vitamin dan protein yang terdapat dalam pare, maka bisa membantu dengan mudah menyingkirkan kotoran yang tidak diinginkan di wajah.

Blender pare, kemudian aplikasikan pada wajah. Tunggu selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi treatment ini setiap hari untuk hasil yang masksimal.

2. Mengobati gatal pada kulit
Untuk mereka sering menderita gatal dan peradangan kulit, ada baiknya menikmati jus pare secara teratur. Ambil beberapa irisan pare, haluskan hingga membentuk pasta. Tambahkan ½ sejumput bubuk kunyit dan satu sendok jus lidah buaya ke dalam pasta pare, aduk rata. Oleskan pare pada bagian kulit, bilas dengan air untuk menghilangkan rasa gatal.

3. Mengobati jerawat
Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung pada pare dapat membantu mengobati jerawat dan noda yang tidak diinginkan di wajah. Haluskan pare, tambahkan satu sendok makan bubuk pala dan satu sendok makan yogurt. Campur semua bahan, lalu oleskan masker wajah ini hingga merata. Cuci dengan air dingin setelah beberapa saat.

4. Mengobati ruam
Kandungan serat dan protein dalam labu pahit terbukti dapat membantu mengatasi ruam panas pada kulit. Ambil beberapa potong pare, rebus hingga air berubah menjadi hijau pucat, dinginkan. Oleskan air tersebut pada wajah dengan bantuan bola kapas dan bersihkan setelah 15 menit.

5. Mengobati kulit yang teriritasi
Jika Anda berhadapan dengan kulit kering dan gatal, masker pare dapat menjadi solusi yang tepat. Haluskan pare, tambahkan dengan daun kari yang telah dikeringkan dan dihancurkan, aduk rata. Setelah itu, oleskan pada kulit, biarkan sebentar dan bersihkan dengan air dingin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6020 seconds (0.1#10.140)