Nggak Bikin Kantong Kering, Ini 5 Cara Belanja Hemat yang Bisa Anda Terapkan!

Jum'at, 22 September 2023 - 11:27 WIB
loading...
Nggak Bikin Kantong Kering, Ini 5 Cara Belanja Hemat yang Bisa Anda Terapkan!
Meski sudah berusaha untuk mengontrol semua pengeluaran, namun ada kalanya kita mengalami kantong kering. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Meski sudah berusaha untuk mengontrol semua pengeluaran, namun ada kalanya kita mengalami kantong kering. Hal tersebut mungkin terjadi karena Anda belum menguasai cara belanja hemat .

Pasalnya, setiap kali pergi ke supermarket atau pasar, selalu ada-ada saja yang dibeli di luar dari rencana awal. Kalau begini, bisa-bisa gaji yang didapat nggak cukup hingga akhir bulan. Untuk menghentikan itu semua, simak rangkaian tips di bawah ini, yuk!

5 Cara Belanja Hemat


1. Catat Semua Daftar Belanjaan


Sering kali kita kalap ketika sampai di supermarket, apalagi jika melihat berbagai promo dan potongan harga. Meskipun terkesan murah, nyatanya promo-promo yang ada justru bisa mendorong Anda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Untuk itu, usahakan mencatat daftar belanjaan dari barang-barang yang paling penting terlebih dahulu seperti sembako, makanan instan, dan sebagainya. Dengan pencatatan yang rapi, Anda bisa mengambil barang-barang secara urut sesuai daftar belanjaan agar barang-barang inti bisa terbeli semua.

2. Gunakan Kalkulator ketika Berbelanja


Cara belanja hemat lainnya adalah dengan menggunakan kalkulator saat berbelanja. Menggunakan kalkulator dapat membantu mengetahui berapa biaya belanjaan Anda saat itu. Hal ini juga akan sangat membantumu ketika Anda sedang mengetatkan budget.

Di samping itu, melakukan hal ini juga dapat membantu menentukan apakah Anda akan membeli sesuatu yang tidak direncanakan dalam daftar belanjaan.



3. Beli Produk yang Sedang Musim


Jika ingin belanja sayuran atau buah, Anda bisa membelinya saat produk tersebut sedang musim. Hal ini dikarenakan harga sayuran atau buah akan menurun. Sehingga, Anda bisa lebih berhemat saat sedang belanja bulanan.

4. Bergabung dengan Membership


Anda juga bisa mencoba bergabung dengan membership toko untuk lebih mudah berhemat saat belanja bulanan. Saat ini, banyak seller yang menawarkan loyalty program yang membuat Anda bisa mendapatkan poin.

Nantinya, poin tersebut dapat ditukarkan dengan kupon sehingga saat belanja lagi di lain waktu menjadi lebih murah. Tak hanya itu, biasanya toko juga menyediakan diskon khusus untuk membership-nya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)