Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak, Ini 4 Tips Pencahayaan Hemat Energi

Jum'at, 22 September 2023 - 16:05 WIB
loading...
Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak, Ini 4 Tips Pencahayaan Hemat Energi
Bingung bayar tagihan listrik bulanan? Simak tips pencahayaan hemat energi berikut ini. Salah satunya beralih ke pencahayaan rumah LED. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Bingung bayar tagihan listrik bulanan? Simak tips pencahayaan hemat energi berikut ini. Salah satunya beralih ke pencahayaan rumah LED.

Teknologi LED atau Light Emitting Diode diklaim sebagai solusi efektif dan efisien dalam menghemat energi . Khusus untuk pencahayaan, LED terbukti mampu menghemat energi hingga 50 persen dari penggunaan.

Lampu LED juga diklaim ramah lingkungan dan memberikan pencahayaan yang jauh lebih baik dari lampu pijar. Harganya pun mulai bersaing dengan lampu pijar dan lampu konvensional lainnya.

Lantas, apa saja tips pencahayaan hemat energi yang bisa diterapkan sehari-hari?

Tips Pencahayaan Hemat Energi

1. Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami atau penerangan yang memanfaatkan sinar matahari bisa menjadi solusi ampuh menghemat pengeluaran biaya listrik bulanan. Caranya, buka jendela saat siang hari.

2. Menggunakan Lampu LED

Cara kedua adalah menggunakan lampu LED. Daya yang dibutuhkan untuk lampu LED jauh lebih kecil dibandingkan lampu konvensional. Selain itu, LED jauh lebih dingin dibandingkan dengan lampu pijar.

3. Mematikan Lampu yang Tidak Dipakai

Mematikan perangkat elektronik seperti lampu dan pencahayaan yang tidak terpakai juga menjadi cara mudah untuk meringankan beban tagihan listrik. Mematikan lampu selepas aktivitas adalah contoh cara penghematan yang bisa dilakukan.
.
4. Menggunakan Dimmer

Bila tidak sedang membaca atau melakukan aktivitas, Anda bisa menggunakan dimmer untuk mengecilkan cahaya lampu. Dimmer juga berguna saat Anda tidur. Semakin redup semakin sedikit energi yang dibutuhkan.

Itulah tips pencahayaan hemat energi untuk menekan biaya listrik bulanan. Siap untuk menerangi ruanganmu, dapatkan LED berkualitas dari Hannochs, Discount Up To 57% + Gratis Ongkir (syarat dan ketentuan berlaku) hanya di AladinnMall . Dapatkan pula promo belanja hemat dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store .
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)