Lakukan Cara Ini untuk Ajarkan Anak Berpuasa

Senin, 29 Mei 2017 - 05:19 WIB
Lakukan Cara Ini untuk Ajarkan Anak Berpuasa
Lakukan Cara Ini untuk Ajarkan Anak Berpuasa
A A A
JAKARTA - Berpuasa di bulan suci Ramadhan tentu merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seluruh umat Islam. Namun, terkadang orang tua seringkali lupa untuk mengajarkan puasa karena menganggap anak-anak mereka masih terlalu kecil.

Bagi Anda yang memiliki anak yang sudah pada usia mengerti untuk diajak berpuasa, mulai lah dari hal yang paling sederhana, yakni memperkenalkan apa arti puasa itu sendiri. Setelah itu, Anda dapat mengajarkan lebih dalam mengenai berpuasa di bualan Ramadhan. Dikutip dari Momjunction, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak berpuasa.

1. Perkenalkan konsep puasa
Ramadhan adalah salah satu saat terbaik untuk mengenalkan konsep puasa kepada anak-anak. Ceritakan kepada anak Anda mengenai kewajiban berpuasa dalam Islam selama bulan Ramadan. Namun, jangan memaksakan agar anak Anda dapat langsung berpuasa seharian penuh. Biarkan anak Anda mempelajari dan mengeksplor terlebih dahulu.

Awali dengan puasa selama beberapa jam. Untuk permulaan, ajari anak Anda berpuasa dengan memilih jam-jam khusus dimana mereka memang mampu untuk menahan lapar dan haus. Misalnya, mintalah anak-anak Anda berpuasa selama beberapa jam di pagi atau siang hari kemudian mereka boleh menyantap makanan bergizi setelahnya.

2. Mengurangi kudapan manis
Anak-anak tentu sangat suka mengunyah permen, cokelat, kue kering, camilan, roti dan yang lainnya. Dengan melatih anak-anak berpuasa, Anda dapat sekaligus mengajarkan kepada anak untuk mengurangi kudapan manis yang sering dikonsumsi. Hal ini tentu juga baik untuk kesehatan mereka.

3. Pilihlah makanan sehat
Untuk rentang waktu puasa yang telah ditentukan, ajari anak-anak Anda untuk hanya menyantap makanan sehat. Misalnya, ajari anak-anak Anda untuk makan wortel. Atau ganti minuman soda dan minuman dingin dengan memperbanyak minum air putih. Selain dapat memberikan mereka daya tahan tubuh yang lebih selama berpuasa, makanan dan minuman sehat tentu sangat bermanfaat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5138 seconds (0.1#10.140)