Mau Bukber? Sebaiknya Perhatikan Ini Agar Tetap Sehat!

Selasa, 30 Mei 2017 - 12:20 WIB
Mau Bukber? Sebaiknya Perhatikan Ini Agar Tetap Sehat!
Mau Bukber? Sebaiknya Perhatikan Ini Agar Tetap Sehat!
A A A
JAKARTA - Buka puasa bersama (bukber) menjadi salah satu agenda rutin yang kerap dilaksanakan banyak orang saat bulan puasa Ramadan. Bahkan bagi sejumlah orang, bukber seakan menjadi tradisi wajib yang tidak boleh terlewatkan. Kegiatan ini juga dijadikan momen untuk berkumpul dan temu kangen teman lama.

Kendati demikian, para ahli mengingatkan untuk tidak terbuai dengan keseruan yang ada. Pasalnya, sejumlah orang kerap mengabaikan kesehatan dengan mengonsumsi berbagai macam makanan. Padahal, mengonsumsi makanan sehat merupakan keharusan saat berbuka puasa.

Ahli nutrisi Desy Nur Arista pun menyarankan untuk memperhatikan beberapa hal saat melakukan bukber. Salah satunya memilih tempat makan atau restoran yang menyajikan sayuran dan buah. Selanjutnya hindari junk food yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

"Pilih tempat makan yang menyediakan sayur dan buah. Meski buka puasa di luar rumah, makan tetap harus serimbang dan variasi. Hindari junk food. Apalagi minumnya udah es. Kalau tidak diperhatikan ini justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan hingga masalah kesehatan," papar Desy di Jakarta.

Sementara dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyarankan saat berbuka puasa di luar, untuk mengonsumsi makanan yang mengandung hewani, nabati, sayuran, dan buah-buah.

"Namun agak sulit memang ditemui makan itu apalagi yang harganya murah. Apalagi ibaratnya tempat makan yang paling sehat adalah dapur ibu. Cuma kalau memang ingin berbuka di luar disarankan untuk makanan restoran jepang karena makanannya tidak terlalu diolah dan kita masih mendapatkan sayuran dari saladnya. Namun untuk harga, restoran jepang cenderung lebih mahal," jelasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6844 seconds (0.1#10.140)