Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang Saat Sahur

Kamis, 01 Juni 2017 - 17:20 WIB
Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang Saat Sahur
Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang Saat Sahur
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan saat sahur ternyata tak boleh sembarangan karena cukup berpengaruh terhadap ketahanan tubuh untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Menurut seorang ahli gizi, Seala Septiani, yang harus diperhatikan dari menyantap makanan saat sahur adalah keseimbangan gizi terutama cairan yang diperoleh tubuh.

"Makannya harus bergizi seimbang dan sevariatif mungkin. Jadi harus ada karbohidrat yang tinggi serat ya karena bisa menahan rasa lapar kita jadi puasanya lebih produktif. Lalu protein juga harus. Sayur dan buah jangan lupa, karena itu yang memberi sumbangan cairan ke dalam tubuh kita," jelasnya kepada Sindonews saat ditemui di Kuningan, Jakarta (31/5/2017).

Seala juga mengatakan bahwa dengan memiliki asupan makanan bergizi seimbang saat sahur, otomatis saat berbuka pun kita tidak akan makan dengan 'kalap', sehingga dapat memberikan manfaat lebih bagi tubuh. Namun, jika melewatkan sahur, manfaat berpuasa pun tidak akan terasa bagi tubuh kita.

"Nah, ketika kita punya pola makan yang benar saat berpuasa, menurut penelitian itu kadar lemak tubuh bisa berkurang, tekanan darah juga bisa berkurang, bahkan ada yang berat badannya pun bisa berkurang," ungkapnya.

Ia mengatakan, sebaiknya dalam berpuasanya tidak melewatkan makan sahur, sebab akan membahayakan tubuh saat berbuka puasanya. "Tapi kalau makannya salah saat sahur, atau malah skip sahur, itu akan berbahaya sekali terutama saat berbuka. Kita akan kalap. Kalau sudah gitu, kita nggak sadar berapa kalori yang kita makan. Jadi malah nggak dapat tuh manfaat berpuasanya," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8261 seconds (0.1#10.140)