7 Fakta Menarik Hubungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Amerika Serikat

Senin, 25 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Hubungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Amerika Serikat
Presiden AS Joe Biden menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, AS, 21 Desember 2022. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
WASHINGTON - Hubungan antara Ukraina dan Amerika Serikat (AS) telah menjadi perhatian dunia internasional selama beberapa tahun terakhir.

Fokusnya adalah pada Presiden Ukraina saat ini, Volodymyr Zelensky, yang telah memainkan peran penting dalam memperkuat ikatan antara kedua negara ini.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang hubungan Presiden Zelensky dengan Amerika Serikat.

1. Karier Zelensky Sebelum Menjadi Presiden


Sebelum terjun ke dunia politik, Volodymyr Zelensky adalah seorang aktor, komedian, dan produser televisi yang sukses di Ukraina.

Dia dikenal luas atas perannya dalam serial televisi populer "Servant of the People," di mana dia memerankan seorang guru sekolah yang tiba-tiba terpilih sebagai Presiden Ukraina.

Serial ini mirip dengan kisah nyata dalam hidupnya, karena Zelensky kemudian memutuskan mencalonkan diri sebagai Presiden Ukraina pada tahun 2019.

2. Kemenangan Mengejutkan dalam Pemilihan Presiden 2019


Pada tahun 2019, Volodymyr Zelensky memenangkan pemilihan presiden Ukraina dengan mayoritas yang besar.

Keberhasilannya merupakan kejutan besar di politik Ukraina, dan dia menjadi pemimpin termuda yang pernah terpilih dalam sejarah Ukraina.

Kampanyenya menjanjikan reformasi dan perubahan dalam upaya memberantas korupsi yang telah lama menghantui negara tersebut.

3. Peran Kunci dalam Konflik Rusia-Ukraina


Presiden Zelensky telah memainkan peran penting dalam menangani konflik berkepanjangan antara Ukraina dan Rusia, terutama di wilayah Timur Ukraina dan Crimea yang telah dianeksasi oleh Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)