KEK Tanjung Lesung Akan Jadi Tuan Rumah Lomba Mancing Tuna

Selasa, 26 September 2023 - 02:20 WIB
loading...
KEK Tanjung Lesung Akan Jadi Tuan Rumah Lomba Mancing Tuna
Managing Director PT Banten West Java Widi Widiasmanto dalam Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring, Senin (25/9/2023). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Pantai Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten, telah menjadi pilihan wisata populer bagi masyarakat. Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Tanjung Lesung akan menjadi "tuan rumah" lomba memancing tuna yang direncanakan berlangsung pada 7 Oktober 2023 di Pantai La Lassa.

Acara bertajuk Tuna Game Fishing Competition 2023 itu diselenggarakan dalam rangka mengembangkan pariwisata bahari dan meningkatkan pertumbuhan desa wisata setempat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kawasan Ekonomi Tanjung Lesung dan Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia (FORMASI) ini memanfaatkan sumber daya yang ada guna menghidupkan kembali gairah wisata setempat.

Pascatsunami beberapa tahun lalu, kawasan Tanjung Lesung seolah mendapat "keberkahan" dengan adanya mutasi tuna.

“Pascatsunami ada mutasi tuna yang sebelumnya tidak terlihat di Selat Sunda. Kami baru mengidentifikasi beberapa waktu belakangan ada mutasi tuna, yang terjadi ketika bulan-bulan tertentu antara Januari, Agustus, September, dan Oktober,” ungkap Managing Director PT Banten West Java Widi Widiasmanto dalam Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring, Senin (25/9/2023).

Widi menambahkan, tak hanya bekerja sama dengan FORMASI, pihaknya juga melibatkan nelayan dalam acara ini.

“Kami juga bekerja sama dengan FORMASI dan tentunya dengan teman-teman nelayan di sekitar. Kita mencoba membuat acara, supaya mereka juga merasakan ketika ini diangkat menjadi acara besar,” kata Widi.

KEK Tanjung Lesung memiliki lahan seluas 1.500 hektar dan garis pantai 13,8 meter yang cocok untuk dimanfaatkan menjadi kawasan wisata bahari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)