Adele Sukses Turunkan Berat Badan, Seperti Ini Metode Dietnya

Senin, 03 Agustus 2020 - 10:58 WIB
loading...
Adele Sukses Turunkan Berat Badan, Seperti Ini Metode Dietnya
Transformasi perubahan berat badan Adele. Foto/Metro UK
A A A
JAKARTA - Adele kembali menjadi sorotan berkat kesuksesannya menurunkan berat badan secara signifikan. Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Inggris itu beberapa kali memamerkan postur tubuhnya yang langsing di media sosial. Terakhir, ia mengunggah foto di Instagram dengan wajah yang sangat manglingi karena terlihat tirus.

Selain intens berolahraga, keberhasilan Adele menurunkan berat badan adalah berkat program diet yang dijalankannya. Sejumlah media Inggris menyebut, Adele berdiet menggunakan metode sirtfood.

Dalam kurun waktu empat tahun, Adele disebut-sebut sukses memangkas bobot tubuhnya secara konsisten hingga hampir 45 kg. Bahkan pada masa awal program dietnya, penyanyi 32 tahun itu mampu menurunkan berat badan sebanyak 22 kg dalam waktu delapan bulan. Tiga orang personal trainer pernah ia sewa selama menjalani program diet dan olahraga. (Baca Juga: metode diet
Dikutip dari laman Pinkvilla, sirtfood adalah metode diet yang menganjurkan pengikutnya untuk mengaktifkan protein penghancur lemak di dalam tubuh yang dikenal dengan nama sirtuin. Jenis protein ini mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan serta berfungsi untuk membakar lemak, memproduksi energi, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Setidaknya terdapat 20 jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam metode diet ini. Antara lain blueberry, buah citrus, stroberi, apel, kacang kenari, kubis, parsley, kedelai, teh hijau, kunyit, bawang merah, olive oil, kopi, dan dark chocolate.

Ada dua fase yang harus dilalui oleh pelaku diet. Fase pertama berlangsung sekitar satu minggu, di mana pelaku diet harus membatasi asupan kalori hingga 1.000 kcal selama tiga hari. Caranya bisa dengan hanya mengonsumsi jus buah dan satu kali makan berat dalam sehari. Pada hari keempat hingga ketujuh barulah asupan kalori ditingkatkan menjadi 1.500 kcal. Menu yang boleh dikonsumsi masih jus buah dan makan berat dua kali sehari.

Lanjutkan proses tersebut pada pekan kedua, yang dikenal sebagai fase maintenance untuk memastikan bahwa proses penurunan berat badan ini berjalan perlahan dan bertahap. ( )

Sirtfood mungkin aman, tapi tetap memiliki efek samping dan kekurangan. Sebagaimana diinfokan sebelumnya, diet sirtfood dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat dan lemak. Metode ini dinilai menantang karena cukup ketat dan tidak memperhitungkan keseimbangan zat gizi yang masuk seperti halnya metode diet lain semisal keto dan paleo.

Buat yang belum pernah menjalani diet sebelumnya, efek samping yang bisa dirasakan setelah melakukan diet ini adalah sakit kepala, pusing, mual, dan mudah lelah.

Sementara kekurangan lain adalah, mengonsumsi makanan sirtuin dapat membuat aktivitas fisik seperti olahraga menjadi kurang efektif. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah.

Diet ini memang mampu menurunkan berat badan dalam waktu relatif singkat. Tapi, kestabilan bobot yang sudah diturunkan tak bersifat berkelanjutan. ( )

Anda yang pernah didiagnosa mengalami eating disorders disarankan tidak menerapkan metode diet sirtfood. Kalau mau aman, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mulai berdiet.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)