5 Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Pilih Bantal dan Selimut yang Nyaman

Selasa, 26 September 2023 - 13:45 WIB
loading...
5 Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Pilih Bantal dan Selimut yang Nyaman
Cara tidur nyenyak dan berkualitas berikut ini bisa Anda terapkan bila mengalami kesulitan memejamkan mata di malam hari. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Cara tidur nyenyak dan berkualitas berikut ini bisa Anda terapkan bila mengalami kesulitan memejamkan mata di malam hari.

Tidur nyenyak, terutama di malam hari, terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Sebaliknya, tidur yang tidak nyenyak sangat memengaruhi energi saat beraktivitas di siang hari. Bahkan, bisa mengganggu keseimbangan emosional dan memengaruhi berat badan.

Sejatinya, Anda dapat memiliki kualitas tidur yang baik dengan mengubah gaya hidup. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, simak tips berikut:

Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas





1. Pilih Peralatan Tidur yang Proper


Pemilihan peralatan tidur yang proper dapat memberikan kualitas tidur yang baik. Penggunaan selimut yang nyaman hingga guling dan bantal yang lembut terbukti mempengaruhi kualitas tidur.

2. Jangan Terlalu Lama Tidur Siang


Meski tidur siang baik untuk tubuh, kalau bisa jangan terlalu lama terlelap. Sebab, bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, anda disarankan untuk membatasi waktu tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit.

3. Olahraga Teratur


Olahraga teratur membantu Anda lebih cepat tertidur dan nyenyak. Namun, perhatikan waktu olahraga dan jangan melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur. Sebab, olahraga berat dapat merangsang tubuh melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan pada pagi hari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)