Wajib Nyetok! Inilah Macam-Macam Sembako Rumah Tangga

Selasa, 26 September 2023 - 16:18 WIB
loading...
Wajib Nyetok! Inilah Macam-Macam Sembako Rumah Tangga
Macam-macam sembako rumah tangga berikut ini harus Anda stok di rumah. Sedia sembako relatif menghemat pengeluaran belanja harian. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Macam-macam sembako rumah tangga berikut ini harus Anda stok di rumah. Selain sebagai pemenuh kebutuhan pangan sehari-hari, sedia sembako relatif menghemat pengeluaran belanja harian.

Sembako adalah kependekan dari sembilan bahan pokok. Sembilan bahan pokok (sembako) diatur didalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998.

Seperti diketahui, sembako menjadi bahan pokok yang pada saat tertentu harganya meningkat sehingga membuat heboh kalangan ibu rumah tangga. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako, mulai dari kelangkaan, distribusi yang terganggu hingga kebijakan tertentu seperti pembatasan kuota impor.

Nah, untuk mengantisipasi harga sembako yang naik turun, sebaiknya Anda menyiapkan bahan-bahan pokok berikut ini di dapur.

Macam-Macam Sembako Rumah Tangga

1. Beras

Beras adalah kebutuhan paling pokok masyarakat Indonesia. Beras eceran memudahkan orang untuk membeli sesuai kebutuhan di rumah. Untuk harga beras sendiri bervariasi tergantung merk dan kualitas dari beras.

2. Minyak Goreng

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan, sehingga minyak goreng wajib ada di dalam daftar isi sembako di rumah. Ada berbagai macam jenis minyak goreng seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak canola dan minyak wijen. Tapi masyarakat Indonesia paling sering menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak sehari-hari.

3. Gula

Gula pasir tidak hanya berperan sebagai pemanis minuman ataupun makanan tetapi juga sebagai penyeimbang rasa pada masakan. Gula pasir juga menjadi bahan utama pada saat membuat kue. Di pasaran ada berbagai macam gula yang dijual seperti misalnya gula tebu dan juga gula jagung. Jenis gula yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah jenis gula tebu dengan bentuk butiran yang mudah larut.

4. Susu dan Keju
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)