Terungkap, Ini Negara dengan Udara Terbersih di Dunia

Rabu, 27 September 2023 - 11:42 WIB
loading...
Terungkap, Ini Negara dengan Udara Terbersih di Dunia
Terletak di ujung barat laut Tasmania, Australia, Cape Grim menawarkan udara terbersih di dunia. (Foto: Khaleejtimes)
A A A
JAKARTA - Masalah polusi udara melanda hampir seluruh kota-kota besar dunia lantaran banyaknya kendaraan pribadi, asap industri serta kebakaran hutan. Kendati demikian, masih ada beberapa tempat di sudut planet ini yang udaranya sangat bersih.

Terletak di ujung barat laut Tasmania, Australia, Cape Grim menawarkan udara terbersih di dunia. Salah satu penyebabnya lantaran semenanjung terpencil ini acapkali dilanda angin kencang dan ombak besar.

“Angin barat yang kencang yang menerpa stasiun pemantauan udara Kennaook/Cape Grim telah menempuh jarak ribuan kilometer di atas Samudra Selatan yang dingin, menjadikan udara yang diukur di sini termasuk yang terbersih di dunia,” kata Dr Ann Stavert, ilmuwan peneliti senior di Commonwealth Scientific dan Organisasi Riset Industri (CSIRO) kepada BBC.



Tasmania adalah titik di mana angin menerpa garis pantai setelah menempuh perjalanan jauh melintasi lautan tanpa gangguan apa pun. Inilah alasan mengapa udara yang diukur di semenanjung tersebut paling bersih sedunia.

Stavert mengatakan data kecepatan angin dan arah angin menunjukkan bahwa 30 persen angin yang mencapai Cape Grim dapat dianggap sebagai garis dasar atau udara yang tidak dipengaruhi oleh sumber atmosfer lokal dan tenggelam.

Menggambarkan lanskap Cape Grim, fotografer Olivia Sattler mengatakan sangat terpesona dengan betapa terpencil dan terjalnya kawasan Cape Grim. “Sangat indah dan liar,” ujarnya.



“Kabut menyelimuti ombak dan saat matahari terbenam di atas air, Anda akan melihat warna-warna cerah yang menakjubkan di atas birunya lautan.”

Udara Cape Grim yang tidak tercemar juga telah menginspirasi para pebisnis untuk menjual segala sesuatu mulai dari air hujan dalam kemasan hingga udara Tasmania dalam kemasan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)