Begini Cara Mengganti Popok Bayi yang Benar

Rabu, 27 September 2023 - 19:46 WIB
loading...
Begini Cara Mengganti Popok Bayi yang Benar
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Jangan anggap sepele aktivitas mengganti popok bayi. Ada serangkaian cara mengganti popok bayi yang benar dan sesuai anjuran medis.

Orang tua harus memiliki kemampuan mengganti popok bayi, terutama bagi yang baru pertama kali punya anak. Di empat bulan pertama kelahiran, bayi bisa buang air besar empat hingga delapan kali sehari. Sementara, buang air kecil bisa mencapai 20 kali dalam sehari.

Itulah sebabnya mengapa orang tua harus mengecek popok bayi secara berkala dan menggantinya dengan popok bersih sesering mungkin. Pastikan kulit bayi tidak mengalami iritasi akibat memakai popok yang tidak proper.


Cara Mengganti Popok Bayi

1. Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Yang pertama harus disiapkan peralatan mengganti popok yang akan digunakan. Hangatkan air dan gunakan sabun atau sampo yang tidak berbusa.

2. Cuci Tangan hingga Bersih

Pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih. Gunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak tersedia air atau sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau tisu basah.

3. Lepas Popok yang Kotor

Tidurkan bayi di atas permukaan yang sudah dilapisi alas bersih, lalu buka perekat popok yang kotor secara perlahan. Jangan sampai perekatnya rusak. Setelah itu, tarik bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah.

Jika si kecil berjenis kelamin laki-laki, tutup area kemaluannya dengan kain bersih agar saat dia pipis, urinenya tidak mengenai bunda atau ayah dan dirinya sendiri. Angkat bokong bayi dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan.

Segera ambil bagian depan popok. Lipat hingga menutupi bagian yang kotor dan letakkan ke dalam kantong plastik yang telah disediakan, lalu buang ke dalam tempat sampah.


4. Bersihkan Kulit Bayi

Bersihkan area sekitar genital, anus dan lipatan paha serta area kulit di sekitarnya dari sisa kotoran atau urine yang masih menempel dengan tisu basah atau kapas basah hingga bersih.

Bersihkan kotoran dari arah depan ke belakang untuk mengurangi risiko infeksi saluran kencing, terutama pada bayi perempuan. Setelah itu, biarkan kulit si kecil mengering dengan sendirinya atau usap menggunakan lap atau handuk bersih yang kering dan berbahan lembut.

5. Buang Popok dan Tisu Kotor

Selesai membersihkan kotoran, buang popok, tisu basah atau kapas basah yang kotor ke dalam kantong plastik. Ikat kantong dan buang ke tempat sampah. Jangan lupa untuk kembali mencuci tangan setelah bunda atau ayah selesai mengganti popok bayi.

6. Pakaikan Popok Bersih

Selipkan popok bersih ke bawah bokong bayi dan geser ke arah pinggang. Pastikan posisi perekat berada di sekitar pinggang, kemudian tarik bagian depan popok ke arah perut si kecil.

Buka perekat di bagian belakang popok dan tarik ke arah perut untuk direkatkan. Tapi ingat, jangan terlalu kencang saat merekatkannya agar si kecil tetap merasa nyaman. Jika tali pusar si kecil belum puput, usahakan agar popok tidak menutupi area tali pusar.

Itulah cara mengganti popok bayi yang benar. Dapatkan Merries Pants XL isi 19 pcs hanya Rp130 ribuan plus gratis ongkir hanya di AladinMall. Untuk mendapatkan promo belanja hemat lainnya, download aja aplikasi AladinMall di Play Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)