Michael Gambon Pemeran Dumbledore di Harry Potter Meninggal Dunia

Kamis, 28 September 2023 - 20:05 WIB
loading...
Michael Gambon Pemeran Dumbledore di Harry Potter Meninggal Dunia
Michael Gambon, pemeran Dumbledore di Harry Potter meninggal dunia. Aktor tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada usia 82 tahun akibat penyakit pneumonia. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Michael Gambon , pemeran Dumbledore di Harry Potter meninggal dunia. Aktor kawakan tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada usia 82 tahun akibat penyakit pneumonia.

Kabar meninggalnya Michael Gambon ini dibenarkan oleh keluarganya. Sang istri, Lady Gambon dan putranya, Fergus mengatakan bahwa aktor tersebut meninggal di rumah sakit.

Dilansir dari BBC, Kamis (28/9/2023) aktor itu meninggal dunia saat berada di sisi keluarga tercinta.

Dia terkenal karena memerankan Profesor Albus Dumbledore dalam enam dari delapan film Harry Potter. Bintang kelahiran Dublin ini bekerja di TV, film, teater, dan radio selama enam dekade kareirnya. Dia memenangkan empat Bafta.



Michael Gambon berperan sebagai Dumbledore, kepala sekolah sihir Hogwarts dalam serial hit Harry Potter, berdasarkan novel JK Rowling. Dia memerankan karakter ini setelah kematian Richard Harris pada 2003.

Aktor yang dikenal sebagai The Great Gambon di dunia akting ini terakhir kali tampil di panggung pada 2012 dalam produksi drama Samuel Beckett di London, All That Fall.

Keluarga Michael Gambon pindah ke London ketika dia masih kecil. Tetapi dia membuat penampilan panggung pertamanya di Irlandia, dalam produksi Othello di Dublin pada 1962.

Kariernya melejit ketika dia menjadi salah satu anggota asli perusahaan akting Teater Nasional Laurence Olivier di London. Dia kemudian memenangkan tiga penghargaan Olivier untuk penampilannya dalam produksi Teater Nasional.



Karya filmnya yang lain meliputi adaptasi layar lebar Dad's Army, The King's Speech, dan Gosford Park.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)