Berbuka Puasa di Pulau Pin Manyai di Raja Ampat yang Indah

Senin, 12 Juni 2017 - 01:30 WIB
Berbuka Puasa di Pulau Pin Manyai di Raja Ampat yang Indah
Berbuka Puasa di Pulau Pin Manyai di Raja Ampat yang Indah
A A A
RAJA AMPAT - Raja Ampat memang tak pernah habis memamerkan pesonanya kepada siapa saja. Bahkan di bulan Ramadan pun, menikmati puasa dan buka puasa di kawasan ini sangatlah mengasyikkan.

Salah satu lokasi yang bisa dipakai untuk menikmati suasana Ramadan di Raja Ampat adalah pulau Pin Manyai di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pesona alam yang indah dengan hamparan pasir putihnya membuat berbuka puasa dengan menu sederhana menjadi pelengkap usai menikmati panorama alam dan indahnya matahari terbenam di pulau tersebut.
Pin Manyai
Pulau Pin Manyai adalah sebuah pulau indah nan sejuk dengan air laut yang biru dan hutan tropis yang masih asli. Di pulau ini ada desa bernama Mumes, Distrik Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, yang bisa disinggahi wisatawan.

Di balik keindahan alamnya, pulau Pin Manyai pun menyimpan cerita tentang asal usulnya. Pin Manyai dalam bahasa setempat berarti wanita cantik. Berdasarkan legenda yang beredar di tengah masyarakat, dulu ada seorang wanita cantik yang dibuang di pulau tersebut.

Pulau Pin Manyai bisa dijangkau dengan jalur laut dan darat. Jalur darat bisa ditempuh dari Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya wisatawan harus singgah di Kampung Warsambin dan kemudian melanjutkan perjalanan ke pulau Pin Manyai dengan jalur laut selama kurang lebih 15 menit.

Selama perjalanan menunju Pin Manyai, wisatawan bakal dimanjakan dengan pemandangan indah gugusan perkampungan pesisir pantai pasir putih dan pulau-pulau karang yang indah. Sesampainya di Pin Manyai, wisatawan akan disambut dengan indahnya pulau kecil nan elok dengan pemandangan pasir putih yang mempesona. Air laut nan biru di depan pulau Pin Manyai dan ekosistem laut yang indah menjadi salah satu spot selam bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling.
Pin Manyai
Bukan itu saja, di pulau Pin Manyai terdapat empat buah home stay dengan nuansa tradisional Papua yang sangat indah. Home stay ini dibangun di tengah-tengah hutan tropis yang masih alami, dimana setiap home stay dapat menampung tiga orang tamu wisatawan

“Harga per orang yang menginap di home stay, kami taruh tarif sebesar Rp600.000 itu sudah include dengan makan pagi, siang, sore, dan menu makanan di sini sudah sangat istimewa,” ujar Mohliyat Manyalibit, pemilik home stay di pulau Pin Manyai.

Selain menikmati alam pantai yang indah, wisatawan juga dapat menikmati indahnya hutan tropis yang asri dan alami. Bau tanah dan pepohonan sangat terasa saat wisatawan menjelajah hutan tropis di sekitar pulau Pin Manyai.
Pin Manyai
Menjelang senja dan waktu berbuka puasa tiba, wisatawan dapat menikmati indahnya pasir putih serta pesona tebing karang di sekitar pulau Pin Manyai. Bukan itu saja, wisatawan pun bisa menikmati pesona matahari terbenam di pulau Waisai, Raja Ampat.

Nah, usai menikmati panorama alam yang mempesona di sekitar pulau Pin Manya, wisatawan yang berpuasa dapat menikmati buka puasa bersama dengan hidangan yang lezat seperti sayur mayur serta ikan segar yang disediakan oleh pihak home stay. Jadi, tunggu apalagi?

Mumpung sudah memasuki musim liburan, Anda bisa berkunjung ke Pin Manyai. Anda bisa menikmati alam yang indah di saat bulan suci Ramadan sambil mensyukuri indahnya alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3694 seconds (0.1#10.140)