5 Manfaat Bermain Skuter untuk Anak, Poin Terakhir Paling Penting!

Jum'at, 29 September 2023 - 16:50 WIB
loading...
5 Manfaat Bermain Skuter untuk Anak, Poin Terakhir Paling Penting!
Sepeda merupakan mainan umum yang dimiliki anak-anak. Namun, ada kalanya mereka bosan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sepeda merupakan mainan umum yang dimiliki anak-anak. Namun, ada kalanya mereka bosan. Untuk itu, bunda bisa memberikan skuter sebagai alternatif. Soalnya, ada banyak manfaat bermain skuter yang bisa didapatkan oleh si kecil nih bund!

Sebab, mengendarai skuter bukan hanya melibatkan satu otak atau satu anggota tubuh saja, moms. Sehingga, anak jadi lebih kreatif dan memiliki imajinasi tinggi. Selain itu, bermain di luar ruangan membuat si kecil mendapatkan vitamin D yang cukup.

Lantas, apa saja manfaat bermain skuter untuk si kecil? Simak penjelasannya berikut ini!

5 Manfaat Bermain Skuter





1. Mengembangkan Keterampilan Motorik


Mengendarai skuter membuat si kecil mengaktifkan motorik halus dan motorik kasar. Untuk menggerakkan skuter, anak harus menjejakkan kakinya ke tanah dan mengayuh, menahan punggungnya dengan stabil dan lurus, serta menggenggam stang skuter.

Kombinasi ini dapat mengembangkan dan memperkuat keterampilan motorik buah hati Anda. Tak hanya itu, mereka juga berlatih untuk mengoordinasikan mata, tangan, dan kaki secara bersamaan.

2. Melatih Keseimbangan


Keseimbangan bukan sekadar menjaga tubuh agar tidak jatuh, melainkan juga untuk mengoordinasikan fungsi anggota tubuh. Ya, saat mengemudikan skuter, anak-anak perlu mengkoordinasikan gerakan tangan untuk mengendarai skuter, mata untuk memperhatikan lingkungan sekitar atau menghindari rintangan, dan kaki untuk mengerem.

3. Melatih Kemampuan Anak dalam Mengambil Keputusan


Permainan skuter juga bisa melatih anak buat mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan mereka harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti, jalan terus, dan berbelok. Belum lagi, mereka juga harus mencari cara untuk menghindari jalan yang jelek atau rintangan tertentu.

4. Alternatif Aktivitas Fisik


Sering kali alasan anak-anak tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup adalah lantaran tidak punya alternatif permainan yang menyenangkan. Ya, olahraga bagi anak kecil haruslah sebuah permainan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)