Deretan Kode Keras Jokowi Dukung Ganjar Presiden 2024

Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Deretan Kode Keras Jokowi Dukung Ganjar Presiden 2024
Dari deretan kode yang cukup jelas, Jokowi tampak memberikan sinyal dukungan kepada calon presiden potensial Ganjar Pranowo. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah mengisyaratkan dukungannya secara tersirat untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dari deretan kode yang cukup jelas, Jokowi tampak memberikan sinyal dukungan kepada calon presiden potensial Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo atau yang biasa disebut dengan panggilan Ganjar merupakan calon Presiden 2024 yang diusung oleh gabungan partai koalisi, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura. Seluruh partai yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 ini merupakan partai yang sama dengan partai yang mendukung pemerintahan Presiden Jokowi.



Kesamaan Ganjar dan Jokowi sebagai anak-anak ideologis dari PDIP menjadi petunjuk penting, menimbulkan pertanyaan apakah Presiden Jokowi akan menjadi pendukung Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya Presiden Jokowi sudah melemparkan berbagai isyarat atau kode-kode dukungan kepada mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Berikut deretan kode-kode yang pernah diucapkan Presiden Jokowi untuk mendukung Ganjar sebagai Presiden 2024.

1. Pemimpin Berambut Putih

Dalam suatu kesempatan, yakni pada acara Nusantara Bersatu yang diselenggarakan oleh Relawan Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022), Jokowi dalam pidatonya menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang serius memikirkan rakyatnya. Dalam ucapannya tersebut, Jokowi menyebutkan bahwa pemimpin yang dimaksud tersebut memiliki rambut berwarna putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," sebut Jokowi.

"Kalau wajahnya celing, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga rambutnya, kalau rambutnya putih semua, ah mikir rakyat ini," ungkap pria kelahiran Solo tersebut.

Dari isi pidatonya tersebut publik dapat menilai di antara kandidat calon presiden 2024 yang ada. Presiden Jokowi mengindikasikan sebuah kode yaitu pemimpin yang serius memikirkan rakyat tersebut adalah Ganjar Pranowo.

2. Gemar Lari Marathon

Ketika Presiden Jokowi menemui para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/08/2023), Presiden Jokowi menyebutkan ciri-ciri pemimpin Indonesia yang lincah dan berani di masa depan.

“Ke depan saya kira bukan tentang siapa presidennya, yang paling penting menurut saya sanggup enggak (untuk) konsisten terhadap apa yang sudah kita mulai ini, berani enggak, ini butuh keberanian,” ungkap orang nomor satu Indonesia tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)