alexa snippet

Ini Waktu yang Tepat untuk Keramas

Ini Waktu yang Tepat untuk Keramas
Ini Waktu yang Tepat untuk Keramas. (Istimewa).
A+ A-
JAKARTA - Keramas merupakan cara mudah untuk merawat rambut agar tetap sehat dan indah. Namun kapan waktu yang tepat untuk keramas? Setiap hari atau satu minggu sekali?

Dermatolog asal Mount Sinai Medical Center, New York, Joshua Zeichner menjelaskan, membiarkan keringat, debu, dan minyak alami menumpuk di kulit kepala, membuat jamur tumbuh berlebih.

"Saat jamur tumbuh berlebih di kulit kepala, bisa menyebabkan peradangan. Sehingga kulit kepala jadi kemerahan, gatal, bahkan borok," papar Joshua seperti dilansir dari Glamour.

Lanjut Joshua menjelaskan, meski keramas pada hari biasa, jamur juga tetap bisa hadir di kulit kepala dengan jumlah yang tidak banyak. Jamur ini berjenis malassezia yang biasa hadir di kulit kepala semua orang.

Selain itu, rasa gatal yang muncul saat tidak keramas berhari-hari, juga bisa disebabkan karena terlalu banyak minyak alami di kulit kepala. Akibatnya, memuncul rasa tidak nyaman hingga menggaruk-garuk kulit kepala. Oleh karena itu, Joshua pun menyarankan keramas dua hari sekali.

Cara ini membuat rambut tidak terlalu sering terkena sampo. Pasalnya, terlalu sering terkena sampo bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Namun, jika aktivitas Anda cukup tinggi atau bekerja di luar ruangan atau usai berolahraga, dianjurkan keramas setiap hari. Ini akan mengusir debu dan keringat berlebih di kulit kepala dan rambut.
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top