alexa snippet

4 Tips Memilih Takjil ala Ahli Gizi

4 Tips Memilih Takjil ala Ahli Gizi
Maraknya peredaran takjil berbahan berbahaya selama Ramadan membuat masyarakat resah. Untuk itu harus lebih hat-hati memilihnya. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Maraknya peredaran takjil berbahan berbahaya selama Ramadan membuat masyarakat resah. Pasalnya, hal ini bisa memicu masalah kesehatan. Apalagi takjil seperti gorengan, kolak pisang hingga es buah menjadi menu yang kerap dikonsumsi saat berbuka.

Agar tetap sehat, ahli gizi sekaligus dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Gizi Dr Marudut MPS memberikan tips memilih takjil yang sehat. Berikut ulasannya.

1. Bersih
Saat membeli takjil, pastikan tampilan makanan dalam keadaan bersih, tidak tertutup debu dan dilapis pembungkus plastik. Perhatikan juga lingkungan sekitar tempat berjualan untuk memastikan apakah makanan cukup higienis.

2. Penyajian yang tepat
Idealnya penjual mengambil atau menyediakan makanan menggunakan food tong atau alat penjepit makanan. Pasalnya, menyediakan makanan langsung menggunakan tangan tanpa penjepit bisa membuat terjadinya pertukaran bakteri.

3. Bergizi
Setelah perut seharian kosong, sebaiknya diisi dengan makanan dan minuman yang tak hanya lezat, tapi juga bergizi. Hindari gorengan yang mengandung peroksida (nilai yang menentukan derajat kerusakan pada minyak dan lemak) tinggi yang dikandungnya. Idealnya saat berbuka puasa konsumsi makanan yang tidak mengandung pewarna berbahaya atau zat karsinogen pemicu kanker.

4. Manis
Berbuka puasa dengan makanan manis sangat dianjurkan, seperti halnya gula alami, susu hingga kurma. Makanan jenis ini bisa menaikkan kadar glukosa dalam darah.



(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top