Cara Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Si Kecil Mudik

Selasa, 20 Juni 2017 - 10:18 WIB
Cara Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Si Kecil Mudik
Cara Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Si Kecil Mudik
A A A
JAKARTA - Mabuk perjalanan bisa terjadi oleh siapa saja, termasuk pada anak-anak. Umumnya kondisi ini disebabkan karena otak menerima informasi yang tidak cocok dari telinga, mata dan saraf secara ekstrem. Karena itu, ia akan mengalami gangguan pada perut, kelelahan hingga muntah.

Dilansir dari Essential Kids, dokter layanan primer di Mayo Clinic Health System, Jodi Bresca, MD menjelaskan, bahwa mabuk perjalanan bisa terjadi pada anak usia dua sampai 12 tahun. Untuk mencegah mabuk, Bresca menyarankan para orang tua untuk mengurangi stimulasi motorik selama perjalanan.

"Tidak memberikan film dan membaca buku untuk anak. Selama melakukan perjalanan, sebaiknya fokus pada hal-hal di luar kendaraan. Orang tua bisa mengajak anak melakukan kegiatan menyenangkan. Seperti bermain tebak-tebakan, mengobrol, bernyanyi bersama dan mendengarkan musik," papar Bresca.

Pastikan juga sirkulasi udara di dalam mobil dalam keadaan yang baik. Sebisa mungkin hindari aroma tak sedap pada mobil yang bisa menyebabkan pusing, mual hingga muntah. Sedangkan untuk pemberian camilan, hindari konsumsi makanan pedas dan berminyak sebelum melakukan perjalanan.

"Sedaiakan camilan seperti biskuit, agar-agar dan kacang-kacangan. Bila anak masih sering mabuk dalam perjalanan, tak ada salahnya berkonsultasilah dengan dokter. Identifikasi apa pemicu mabuk perjalanan yang mereka alami sehingga itu bisa dihindari di perjalanan selanjutnya," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8196 seconds (0.1#10.140)