alexa snippet

3 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik ke Semarang

3 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik ke Semarang
3 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik ke Semarang. (Traveloka).
A+ A-
JAKARTA - Mudik merupakan kegiatan rutinitas yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Sebab untuk mengunjungi sanak saudara maupun untuk berlibur bersama keluarga.

Jika anda mudik ke daerah Semarang terdapat tempat wisata yang cocok dikunjungi. Mengutip Traveloka berikut tiga tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi:

1.  Tugu Muda, Lawang Sewu
Salah satu bangunan yang paling terkenal di Semarang adalah Lawang Sewu. Nama Lawang Sewu ini berasal dari penamaan masyarakat lokal dalam bahasa Jawa yang artinya “pintu seribu”. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Gedung bekas kantor Jawatan Kereta Api di zaman Pemerintahan Hindia Belanda ini memiliki banyak pintu dan jendela besar yang dominan, bahkan bila dilihat dari tampak luar.

Dahulu, bangunan ini seringkali diidentikkan dengan cerita-cerita mistis, karena kondisinya yang tidak terawat dan penjara bawah tanahnya yang terkenal angker. Namun, setelah direnovasi besar-besaran pada tahun 2013, dengan pencahayaan interior dan eksterior yang terang benderang, gedung yang dibangun pada akhir 1800-an ini sekarang menjadi bangunan yang paling romantis di Semarang.

Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang dan biaya tambahan Rp20.000 jika ingin menggunakan tour guide.  Anda pun bisa mengelilingi setiap sudut Lawang Sewu yang menceritakan seluk-beluk perkeretaapian di Indonesia.

Selain itu terdapat sejarah panjang dibangunnya gedung ini, mulai dari fungsinya sebagai perkantoran, markas militer, tempat penyiksaan pejuang Semarang yang melawan penjajahan, hingga akhirnya menjadi museum seperti sekarang.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kedua tempat ini adalah pada malam hari. Jangan lupa untuk mencicipi jajanan kaki lima khas Semarang, seperti tahu gimbal, ketika mengunjungi tempat ini.

2. Napak Tilas Kolonialisme di Kota Lama
Kalau Jakarta punya Kawasan Kota Tua yang dulunya pusat Batavia, Semarang juga memiliki area bersejarah yang dilindungi bernama Kota Lama. Dari Simpang Lima yang merupakan salah satu landmark ikonis di sini, kawasan Kota Lama bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih 10 menit. Kota Lama memiliki puluhan bangunan bersejarah yang terhubung jalanan paving block dan penerangan jalan bergaya ala Eropa.

Beberapa bangunan yang berada di kawasan tersebut antara lain Stasiun Besar Semarang Tawang, Gedung Kantor Pos Pusat, Gereja Blenduk, Semarang Art Gallery, serta bangunan lainnya yang kini banyak beralih fungsi menjadi kafe maupun restoran tempat anak muda nongkrong setiap hari.

Pada malam hari, Taman Srigunting yang berada persis di sebelah Gereja Blenduk juga menjadi tempat yang tepat untuk memulai menjelajah Kota Lama tanpa takut terkena panasnya kota pinggir laut ini. Jika lapar di tengah penjelajahan, kamu tak perlu pusing. Ada banyak pilihan kuliner yang bisa kamu cicipi, di antaranya bakmi Jawa, nasi goreng babat, bakso kakap, dan nasi kucing.

3. Sam Poo Kong, Semawis, dan Pengaruh Tionghoa
Berada di dekat Banjir Kanal Barat terdapat bekas peninggalan berusia ratusan tahun. Anda bisa mengunjungi Sam Poo Kong, sebuah kelenteng yang dulunya merupakan sebuah masjid. Dulunya, Sam Poo Kong dibangun oleh penjelajah muslim, yaitu Laksamana Cheng Ho.



(nfl)
loading gif
Top