alexa snippet

Ini Batasan Menyantap Kue Kering Saat Lebaran Tiba

Ini Batasan Menyantap Kue Kering Saat Lebaran Tiba
Kue kering yang sering menjadi suguhan di Hari Raya Idul Fitri memang menggoda. (pkwalkstheworld.com)
A+ A-
JAKARTA - Selain baju baru, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan kue-kue kering, seperti nastar, kastengel hingga putri salju. Rasanya yang lezat pun membuat kue ini menjadi hidangan wajib di hari berbahagia tersebut.

Meski terasa nikmat, namun pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsinya. Pasalnya, makanan jenis ini bisa menyebabkan berat badan menjadi bertambah. Akibatnya, setelah puasa sebulan penuh, Anda pun akan semakin gemuk.

"Kalori yang terkandung dalam satu kue kering bisa sampai 50 kalori. Batas maksimal konsumsi kue kering cukup tiga sampai empat saja," papar dr Titi Sekarindah, MS, SpGK.

Selain kue kering, makanan bersantan seperti opor ayam juga merupakan makanan yang selalu dihidangkan saat Lebaran. Sayangnya, makanan ini mengandung tinggi lemak yang bisa menyebabkan kadar kolesterol naik. Karena itu, dr Titi juga menyarankan untuk menghindari makanan ini.

Dr Titi menjelaskan, makanan beremak memiliki sifat yang sulit dicerna. Akibatnya hal ini membuat berat badan bertambah. Sementara jika dikonsumsi secara terus menerus, perut akan kembung hingga kadar kolesterol meningkat.

"Apalagi kalau punya hipertensi darah tinggi atau sakit jantung bisa langsung pusing-pusing karena terlalu banyak makan makanan bersantan dan yang manis," kata dia.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top