10 Jurusan Kuliah yang Dikenal Susah Masuk dan Lulusnya Butuh Waktu Lama

Senin, 02 Oktober 2023 - 12:01 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Dikenal Susah Masuk dan Lulusnya Butuh Waktu Lama
Jurusan Kedokteran dikenal sebagai prodi universitas dengan tingkat masuknya yang susah dan juga lulusnya yang membutuhkan waktu lama.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah yang dikenal masuknya susah dan lulusnya pun juga lama. Bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, memilih jurusan yang tepat menjadi salah satu kunci untuk meniti karier di masa depan.

Lalu jurusan seperti apa yang tepat bagi kamu? Selain harus sesuai bakat dan passion kamu, memilih jurusan juga perlu untuk melihat banyak informasi tentang jurusan tertentu.

Tahukah kamu ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang masuk dalam kategori susah masuk dan juga susah lulus. Jurusan apa itu? Dikutip dari Instagram @utbkplus, setidaknya ada 10 jurusan kuliah yang masuk kategori susah masuk dan susah untuk lulus, ini daftarnya

10 Jurusan Kuliah yang Dikenal Masuknya Susah dan Lulusnya Diperkirakan Lama


1. Kedokteran

Peringkat pertama jurusan kuliah susah masuk sekaligus lulus adalah dari kedokteran. Kedokteran dinilai sulit masuk karena banyak peminatnya, selain itu juga susah lulus karena dinilai sangat rumit.

2. Psikologi


Jurusan kuliah soshum yang dinilai susah masuk dan susah lulus adalah Psikologi. Psikologi menjadi primadona banyak peminat setiap tahunnya. Selain itu, psikologi adalah ilmu yang menuntut kamu untuk memperhatikan orang lain.


3. Arsitektur


Arsitektur masuk dalam jurusan kuliah susah masuk dan susah lulus. Sebab, banyaknya peminat yang ingin masuk jurusan kuliah arsitektur.Selain itu, arsitektur dinilai susah lulus karena ilmu yang dipelajari cukup rumit tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan.

4. Teknik Sipil


Jurusan kuliah teknik kembali menjadi salah satu jurusan yang susah masuk dan susah lulus. Teknik sipil menjadi peringkat keempat yang sulit masuk dan susah lulus. Prodi teknik sipil merupakan cabang ilmu keteknikan yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

5. Kedokteran Gigi


Kedokteran Gigi menjadi salah satu jurusan kuliah yang susah masuk, karena memiliki banyak peminat setiap tahunnya.Selain itu, ternyata juga tergolong jurusan kuliah yang susah lulus. Hal ini sebab, banyaknya rumpun ilmu yang dipelajari mulai dari kedokteran umum hingga rehabilitasi dan pembuatan gigi tiruan melalui model gigi.

6. Statistika


Statistika masuk dalam jurusan kuliah saintek yang dikenal susah masuk karena banyak peminatnya.Salah satu faktor peminat banyak adalah tingginya prospek kerja setelah lulus.

Namun, ternyata statistika juga masuk dalam jurusan kuliah susah lulus karena ilmu ini mempelajari tentang turunan matematika yang begitu kompleks, serta berhubungan dengan data.

7. Farmasi


Jurusan kuliah saintek kembali menjadi primadona yang susah masuk. Sebab, farmasi dinilai banyak peminatnya setiap tahunnya.Farmasi tergolong susah lulus karena gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempelajari segala seluk-beluk tentang obat yang cukup rumit.


8. Teknik Informatika


Jurusan kuliah susah masuk dan lulus ke delapan ini juga diduduki dari Teknik. Teknik Informatika yang biasa disebut IT mempelajari tentang teknologi seperti kecerdasan buatan, virtual dan augmented reality, blockchain, big data, dan machine learning. Susah untuk masuk sebab banyak peminatnya, juga tergolong susah lulus karena masuk dalam kategori yang cukup rumit.

9. Teknik Kimia


Tak heran, salah satu jurusan teknik yang susah masuk dan susah lulus adalah Teknik Kimia.Teknik Kimia dikenal sebagai jurusan kuliah saintek yang sulit masuk karena banyak peminatnya. Menariknya, teknik kimia juga masuk ke dalam kadar tinggi jurusan susah lulus karena memang sangat rumit.

10. Jurusan Gizi


Gizi adalah jurusan kuliah bidang saintek yang ternyata masuk dalam kategori susah masuk dan susah lulus. Ilmu Gizi mempelajari tentang pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan.

Sulit masuk karena banyaknya peminat, dan susah lulus karena di jurusan ini banyak yang dipelajari seperti pemahaman tentang pola makan sehat, gaya hidup, hingga cara memproses makanan.
.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)