Hari Batik Nasional 2023 Jadi Momentum Bangkitkan Pengrajin usai Pandemi

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:45 WIB
loading...
Hari Batik Nasional 2023 Jadi Momentum Bangkitkan Pengrajin usai Pandemi
Hari Batik Nasional 2023 dirayakan pada 2 Oktober. Pada tahun ini, Hari Batik Nasional digelar meriah di Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah. Foto/Annastasya Rizqa
A A A
JAKARTA - Hari Batik Nasional 2023 dirayakan pada 2 Oktober. Pada tahun ini, Hari Batik Nasional digelar meriah di Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2023).

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 dihadiri langsung oleh Istri Wakil Presiden Indonesia Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim beserta jajarannya.

Acara yang digelar untuk memeriahkan momentum Hari Batik Nasional ini pun juga sarat akan makna. Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2023 Shanty Leksono mengatakan tema yang diusung merupakan Batik Bangkit.

Tema ini memiliki arti untuk mengembalikan kebangkitan industri batik dari masa pandemi Covid-19 yang sempat terpuruk.



“Teman Batik Bangkit dengan tujuan membangkitkan kembali para pengrajin batik di berbagai daerah karena terdampak Covid-19 agar bisa kembali beraktivitas dan berkarya,” kata Shanty di Museum Batik, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Acara Hari Batik Nasional ini pun dibuka dengan acara tarian kemilau wastra batik yang memadukan beragam batik dari indonesia. Tampak kain-kain batik dipamerkan dalam tarian ini dan begitu membanggakan.

Acara Hari Bati Nasional ini pun juga diwarnai dengan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba karya tulis ilmiah batik, pameran batik dari seluruh provinsi hingga penjualan batik terbaik hasil karya peserta.

Sementara itu, kegiatan Hari Batik Nasional 2023 di Museum Batik Indonesia ini turut dihadiri 158 pembatik dan 125 pengrajin batik dari 27 provinsi di Tanah Air. Wury Ma’ruf Amin beserta Nadiem Makarim pun turut ikut membatik dengan teknik mencanting kain batik motif IKN dan melihat para pengrajin batik lainnya.



Lebih lanjut, Shanty berharap Hari Batik Nasional 2023 ini bisa menjadi bentuk upaya untuk selalu melestarikan budaya batik Indonesia.

“Sebagai komitmen dari kami akan kebudayaan batik yang memukau membentang dari ujung Sumatera hingga Papua,” tutup Shanty.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)