Wajib Tahu! Begini Cara Memilih Durian Matang dan Enak

Senin, 02 Oktober 2023 - 15:19 WIB
loading...
Wajib Tahu! Begini Cara Memilih Durian Matang dan Enak
Belum sah disebut penggemar durian kalau belum tahu cara memilih durian matang dan enak. Apalagi, durian matang di pohon dan matang karena diperam. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Belum sah disebut penggemar durian kalau belum tahu cara memilih durian matang dan enak. Apalagi, durian matang di pohon dan matang karena diperam kerap terlihat sama.

Durian dijuluki The King of Fruit atau raja buah. Bukan tanpa alasan, julukan tersebut disematkan karena aroma khas dan tekstur daging buahnya yang manis.

Meski begitu, untuk mendapatkan buah durian manis tidak bisa sembarangan memilih. Kamu harus tahu apa saja ciri-ciri yang menandakan jika buah tersebut benar-benar telah masak dan memiliki rasa manis.

Cara Memilih Durian Matang





1. Pilih Kulit yang Belum Terbuka


Durian dengan kulit terbuka dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Sebab, ketika kulit durian sudah terbuka, daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

2. Perhatikan Bentuknya


Melansir dari laman Kementerian Pertanian, buah yang bentuknya lonjong cenderung memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat. Jika Anda ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat.

3. Cium Aromanya


Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung kalian. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

4. Cek Bobotnya


Jangan berpikir bahwa semakin berat buah durian, semakin banyak isinya. Padahal, cara memilih durian yang tepat justru adalah memilih bobot buah yang ringan. Berat durian yang ringan juga pertanda kalau buah tersebut matang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)