5 Tips untuk Tetap Go Green Saat Liburan Lebaran

Kamis, 29 Juni 2017 - 16:20 WIB
5 Tips untuk Tetap Go Green Saat Liburan Lebaran
5 Tips untuk Tetap Go Green Saat Liburan Lebaran
A A A
JAKARTA - Semakin bertambahnya umur Anda tentu bertambah pula usia bumi. Di bulan Ramadhan kali ini khususnya saat Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi momen penuh syukur dan berkah bagi seluruh masyarakat Muslim.

Daripada merayakan lebaran hanya dengan pakaian baru, memesan makanan spesial untuk disantap bersama keluarga, ada baiknya untuk sedikit memerhatikan hal kecil seperti menjaga lingkungan sebagai wujud rasa syukur terhadap kehidupan yang telah diberikan oleh Allah.

Anda dapat mulai mengajak keluarga untuk mengutamakan konsep go green dalam merayakan lebaran tahun ini. Bagaimana caranya? Dikutip dari Pollutionpollution, beriku 5 tips untuk tetap go green saat momen Idul Fitri.

1. Bepergian sederhana untuk mengurangi jumlah polusi
Salah satu tips utama untuk go green adalah bepergian dengan menggunakan satu kendaraan. Jika Anda perlu pergi keluar untuk piknik atau makan malam Anda bisa pergi bersama-sama tanpa perlu berfoya-foya menggunakan seluruh kendaraan yang Anda miliki. Dengan cara ini mereka akan sedikit berkontribusi lebih dalam mengurangi jumlah polusi dan membuat bumi ‘hidup’ lebih lama.

2. Menggunakan ecard untuk menghindari limbah
Beberapa tahun yang lalu mengirimkan kartu ucapan dari kertas pada saat Idul Fitri ke teman dan keluarga tentu sangat biasa dilakukan. Tapi sekarang, setelah berkembangnya penggunaan internet, sebagian besar umat Islam di seluruh dunia mengirimkan kartu elektronik (ecard) satu sama lain dan berbagi momen gembira mereka. Kebiasaan ini dapat membuat sampah kertas menjadi berkurang.

3. Kartu daur ulang
Selain ecard, alternatif pilihan lain adalah kartu daur ulang. Di sejumlah tempat di dunia, internet tidak banyak populer dan orang masih menghabiskan hidup mereka tanpa internet. Di negara-negara tersebut tentu tidak memiliki konsep ecard. Tapi mereka bisa membuat kartu ucapan Idul Fitri dengan kertas daur ulang. Selain lebih menghemat, cara ini juga dapat mengurangi limbah kertas setelah momen lebaran berakhir.

4. Memasak makanan sendiri
Saat Idul Fitri, masyarakat Muslim kerap memasak beberapa hidangan utama hingga makanan penutup sendiri untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan kerabat tercinta. Dengan memasak makanan sendiri, mereka dapat mengukur sebanyak apa porsi makanan yang mereka butuhkan. Hal ini dapat bermanfaat untuk menghindari pemborosan makanan.

5. Pohon kecil sebagai hadiah
Meski kedengarannya aneh, namun percyalah, perubahan terjadi secara bertahap. Jika biasanya Anda kerap memberikan hadiah Idul Fitri berupa mainan ataupun pakaian untuk anak-anak maupun keponakan Anda, kini saatnya untuk mengajarkan mereka bagaimana menjaga bumi dengan menanam sebanyak-banyaknya pohon hijau. Anda dapat memberikan pohon kecil sebagai hadiah lebaran sebagai awal untuk menerapkan kebiasaan tersebut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5979 seconds (0.1#10.140)