Hindari Kecelakaan Saat Mudik, Cukupi Kebutuhan Tidur

Jum'at, 23 Juni 2017 - 03:12 WIB
Hindari Kecelakaan Saat Mudik, Cukupi Kebutuhan Tidur
Hindari Kecelakaan Saat Mudik, Cukupi Kebutuhan Tidur
A A A
JAKARTA - Kelelahan saat mudik bisa menjadi penyebab seseorang rentan sakit. Ini karena daya tahan tubuh yang menurun. Parahnya, kelelahan ini juga menjadi penyebab kecelakaan.

Oleh karena itu, jika hendak mudik, sebaiknya mencukupi kebutuhan tidur. Pasalnya, salah satu penyebab kelelahan saat mudik, umumnya disebabkan kurang tidur atau mengantuk. Untuk usia dewasa, waktu tidur ideal adalah 7-9 jam dan anak-anak 10-12 jam.

"Harus disadari bahwa konsentrasi, kewaspadaan, dan kemampuan refleks hanya didapatkan dengan kualitas tidur yang baik, tidak ada satu pun zat yang dapat menggantikannya," kata dr Andreas Prasadja.

Sementara bagi Anda yang melakukan mudik dengan mengendarai kendaraan sendiri, disarankan agar tidak melakukan perjalanan pada jam tidur. Sebab, berkendara saat mengantuk, sama bahayanya seperti mengendarai dalam kondisi mabuk.

"Bisa saja mudik di malam hari, tapi di siang harinya tidur cukup, namun tidak boleh terlalu sering karena tubuh kita sudah punya jam biologisnya masing-masing," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)