Makanan-Makanan Ini Bisa Bikin Pria Kehilangan Kesuburan

Jum'at, 30 Juni 2017 - 03:30 WIB
Makanan-Makanan Ini Bisa Bikin Pria Kehilangan Kesuburan
Makanan-Makanan Ini Bisa Bikin Pria Kehilangan Kesuburan
A A A
JAKARTA - Sejumlah kajian menemukan, infertilitas pada pria kini meningkat tajam. Penyebabnya pun bermacam. Bukan hanya pada alasan medis, tapi makanan pun bisa menjadi ancaman bagi kesuburan pria.

Ya, ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar kualitas sperma mereka. Kabar baiknya, ada pula makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma pria. Berikut ulasannya seperti dinukil dari Times of India.

Makanan yang menurunkan fertilitas pria

1. Minuman berkarbonasi
Menyesap minuman berkarbonasi, seperti soft drinks atau sport drink bisa mempengaruhi jumlah sperma Anda. Sebuah kajian di Human Reproduction menyebutkan, minum minuman karbonasi secara rutin terkait dengan motilitas sperma yang buruk.

2. Produk daging olahan

Menyantap daging olahan bisa mengganggu jumlah sperma Anda. Menurut sebuah kajian Harvard pada 2014, pria yang secara berlebihan mengonsumsi daging olahan punya kualitas sperma yang 23% lebih rendah dibanding orang yang hanya makan dalam jumlah terbatas. Dalam kajian lain di jurnal Epidemiology, ditemukan bahwa daging olahan terkait jumlah sperma yang lebih rendah.

3. Alkohol

Ini adalah alasan lain untuk berhenti mengonsumsi alkohol. Lebih sering Anda minum alkohol, maka itu akan lebih berpengaruh pada jumlah sperma Anda. Nyatanya, menurut sejumlah kajian, meskipun Anda minum dalam jumlah terbatas, Anda tetap mengganggu kualitas sperma Anda.

4. Keju dan susu full cream

Menurut kajian di Human Reproduction pada 2013, konsumsi keju dan susu full lemak yang berlebihan bisa mempengaruhi produksi jumlah sperma. Produk turunan susu memang menambah jumlah protein dan gizi penting yang dibutuhkan tubuh tapi produk turunan susu full lemak, terutama kejudan susu full lemak, seharusnya dihindari.

Makanan yang bisa meningkatkan produksi sperma
Makan makanan yang sehat dan segar tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan menyeluruh, tapi juga kesehatan sperma Anda. Berikut sejumlah makanan yang harus Anda masukkan ke diet untuk meningkatkan jumlah sperma Anda.

1. Pisang
Sudah lama diketahui bahwa pisang meningkatkan libido pria dan meregulasi hormon seks. Kaya vitamin C, A dan B1, pisang meningkatan kesuburan pada pria.

2. Brokoli

Brokoli disebut bisa meningkatkan produksi sperma. Sayuran ini kaya vitamin A, seperti wortel, bayam, aprikot dan ubi.

3. Walnut

Gizi penting lainnya untuk sperma yang sehat adalah asam lemak omega-3. Walnut penuh dengan asam lemak omega 3 yang meningkatkan aliran darah ke bagian kelamin, yang meningkatkan kesuburan pria.

4. Bawang putih

Bawang putih bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pria. Kandungan allicin dan selenium di dalam bawang putih mampu melindungi sperma dari kerusakan dan memperbaiki kualitasnya.

5. Dark chocolate
Makanan ini memang cukup menggoda. Tapi, mengetahui manfaatnya dalam meningkatkan fertilitas pria membuatnya sulit untuk ditolak. Tinggi kandungan antioksidan, dark chocolate membantu memerangi radikal bebas. Tapi, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi lebih dari dua kotak dalam satu hari.

6. Makanan kaya vitamin C
Makanan yang kaya kandungan vitamin C bisa membantu meningkatkan fertilitas pada pria. Kandungan gizi ini membantu mencegah kecacatan sperma dan meningkatan kesehatan sperma.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9368 seconds (0.1#10.140)