7 Manfaat Konsumsi Cokelat, Poin Terakhir Paling Banyak Dicari!

Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:53 WIB
loading...
7 Manfaat Konsumsi Cokelat, Poin Terakhir Paling Banyak Dicari!
Cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga punya pengaruh pada kecantikan. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Tahukah Anda bahwa ada sejumlah manfaat cokelat untuk kesehatan ? Tak hanya itu, bahkan cokelat juga punya pengaruh terhadap kecantikan.

Padahal, selama ini cokelat sering diidentikkan sebagai makanan yang tidak sehat. Faktanya, cokelat mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk tubuh manusia. Dalam 100 gram cokelat, ternyata ada beberapa nutrisi seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium.

Cokelat hitam mengandung lebih banyak kakao. Dengan demikian, kandungan antioksidan, serat, dan mineral penting lainnya jauh lebih tinggi dibandingkan jenis cokelat lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ya, cokelat dikenal mampu memperbaiki mood atau suasana hati. Khasiat cokelat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan.

Komponen feniletilamin pada cokelat dikenal dapat meningkatkan mood. Selain itu, magnesium juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil. Dengan demikian, risiko seseorang untuk terkena depresi pun menjadi lebih kecil.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat yang utama bersumber dari kandungan flavonoid. Dalam tubuh, flavonoid mengaktifkan gen dalam sel untuk memproduksi nitrit oksida. Nitrit oksida berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah jadi lebih lancar dan akhirnya tekanan darah ikut menurun.

The American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan penelitian tentang hubungan cokelat yang bisa menurunkan tekanan darah. Hasilnya, manfaat makan cokelat hitam (dark chocolate) selama 18 minggu, menurunkan tekanan darah hingga 18% pada pasien hipertensi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)