Wajib Tahu! Ini Jenis Motif Batik dan Maknanya

Selasa, 03 Oktober 2023 - 12:45 WIB
loading...
Wajib Tahu! Ini Jenis Motif Batik dan Maknanya
Bertepatan Hari Batik Nasional, ada baiknya Anda mengetahui jenis motif batik dan maknanya. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Bertepatan Hari Batik Nasional, ada baiknya Anda mengetahui jenis motif batik dan maknanya . Sebab, saat ini batik tidak hanya menjadi bagian dari industri fashion. Warisan leluhur ini telah menjadi identitas bangsa dan harus terus dilestarikan.

Dari ribuan motif batik di berbagai daerah di Indonesia, ada lima motif yang terbilang paling populer dan hampir dikenali oleh semua orang. Lima motif tersebut juga sangat fashionable sehingga cocok dijadikan sebagai busana formal dan semi-formal.

Apa saja kelima jenis batik tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Jenis Motif Batik dan Maknanya

1. Batik Motif Kembang Putik

Batik motif Kembang Putik atau kembang sepatu melambangkan kecantikan. Kembang Putik juga menggambarkan ketulusan cinta dan pengorbanan. Di China, bunga ini melambangkan ketenaran dan keindahan, baik bagi wanita maupun pria.

2. Batik Motif Cendrawasih

Batik Motif Cendrawasih menggambarkan kekayaan, keindahan dan keanggunan alam Papua. Motif cendrawasih juga menggambarkan keunikan dan tradisi patung ukir kayu dari masyarakat Papua. Tampil dengan kesahajaan yang elegan adalah point look dari batik ini.

3. Batik Motif Mega Mendung

Motif Mega Mendung sangat tenar di Tanah Air. Motif batik mega mendung dari setiap kota berbeda-beda. Umumnya, motif batik Mega Mendung ditampilkan dengan tujuh gradasi warna yang berlapis. Warna-warna tersebut melambangkan tujuh lapisan langit yang ada di alam semesta. Sedangkan Mega Mendung yang berarti awan mendung menggambarkan kehidupan manusia yang harus dilalui dengan sikap sabar, teduh dan tidak mudah marah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)