4 Manfaat Penggunaan Tabir Surya untuk Kesehatan!

Selasa, 03 Oktober 2023 - 17:14 WIB
loading...
4 Manfaat Penggunaan Tabir Surya untuk Kesehatan!
Di era krisis iklim ini rupanya tak hanya memengaruhi cuaca, namun juga kesehatan. Tengah banyak virus dan bakteri yang bermutasi akibat pengaruh iklim ini. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Di era krisis iklim ini rupanya tak hanya memengaruhi cuaca, namun juga kesehatan. Tengah banyak virus dan bakteri yang bermutasi akibat pengaruh iklim ini.

Akan tetapi, lebih dari itu, paparan sinar matahari berlebih dengan sinar ultraviolet tinggi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Maka tak heran jika para pakar dan dokter menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya (embed dengan link utm).

Tabir surya sendiri termasuk produk perawatan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Produk ini bekerja dengan cara menyerap atau memantulkan sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).

Tabir surya tersedia dalam bentuk losion, gel, krim, stik, cairan semprot, dan bedak. Penasaran dengan manfaat dari tabir surya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

4 Manfaat Penggunaan Tabir Surya untuk Kesehatan!

4 Manfaat Penggunaan Tabir Surya untuk Kesehatan!
1. Memperlambat penuaan pada kulit
Sinar UVA diketahui memiliki gelombang yang lebih panjang. Ini membuat sinar ultraviolet jenis ini menembus dan merusak lapisan tempat pembentukan kolagen.

Padahal, kolagen diperlukan untuk membuat kulit kencang. Kolagen yang rusak nantinya membuat kulit kasar, kendur, dan berkerut.

2. Mengurangi warna kulit yang belang
Kulit yang terpapar matahari umumnya akan belang. Mengutip dari studi terbitan Advanced Drug Delivery Reviews (2020), bagian warna yang menggelap berasal dari melanin atau pewarna gelap alami kulit.

Saat terpapar matahari, kulit akan menghasilkan melanin untuk melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Tabir surya memberikan perlindungan ekstra sehingga kulit tak perlu menghasilkan melanin lebih banyak.

3. Menurunkan risiko terkena kanker kulit
Tak sekedar melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB berlebih, namun juga mengurangi kemungkinan terkena penyakit pada kulit ini. Ya, tabir surya mencegah penyerapan sinar UV di kulit. Sinar ini penyebab kerusakan sel kulit sehingga bisa tumbuh tak terkendali dan memicu kanker kulit.

4. Mencegah kulit terbakar
Beberapa orang diketahui memiliki warna kulit yang terang. Ini menandakan jika jumlah melanin pada kulitnya sedikit.
Oleh sebab itu, perlindungan alaminya berkurang sehingga rentan terbakar. Tabir surya bisa mencegah penyerapan sinar UVB, sinar yang bisa membakar kulit, terutama pada pemilik warna kulit terang.
4 Manfaat Penggunaan Tabir Surya untuk Kesehatan!

Pembahasan tentang skincare yang meliputi tabir surya juga dibahas oleh Dr Nadia Alaydrus dalam podcast terbarunya. Penasaran kan dengan informasi seputar skincare yang bakal Dr Nadia Alaydrus bagikan?

Kamu bisa dengerin selengkapnya di Podcast Kata Dokter Eps.109 Skincare Because We Care hari ini Selasa, 03 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB hanya di Audio+ .
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)
pixels