Memberikan ASI Lebih dari Dua Tahun Picu Gigi Berlubang

Senin, 03 Juli 2017 - 07:19 WIB
Memberikan ASI Lebih dari Dua Tahun Picu Gigi Berlubang
Memberikan ASI Lebih dari Dua Tahun Picu Gigi Berlubang
A A A
JAKARTA - ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Namun sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa anak-anak yang menyusui selama dua tahun atau lebih berisiko menderita gigi berlubang.

Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian baru yang dilakukan pada 1.129 anak di Pelotas, Brasil. Dilansir dari Business Standard, sekitar seperempat anak diketahui diberi ASI selama 24 bulan atau lebih.

Hasil penelitian ini pun menunjukkan, pada usia 5 tahun, anak-anak menderita karies gigi kronis yang menyebabkan gigi berlubang dengan jumlah 23,9% anak-anak menderita gigi berlubang dan 48% menderita karies gigi.

Dari jumlah tersebut ditemukan, anak-anak yang diberikan ASI selama dua tahun atau lebih memiliki risiko 2,4 kali lebih tinggi menderita gigi berlubang dibandingkan anak-anak yang menyusui kurang dari satu tahun. Namun, menyusui antara 12 hingga 23 bulan tidak menyebabkan risiko gigi berlubang yang lebih tinggi.

"Alasannya, frekuensi menyusui dalam jangka panjang dan menyusui pada malam hari yang tinggi membuat gigi sulit dibersihkan," papar Dr. Karen Peres, profesor di University of Adelaide, Australia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6443 seconds (0.1#10.140)