Berikut Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contoh Proposal yang Baik

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 07:05 WIB
loading...
Berikut Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contoh Proposal yang Baik
Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja secara tertulis. Foto/Freepik/Nakaritore.
A A A
JAKARTA - Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja secara tertulis. Proposal biasanya bersifat formal yang digunakan untuk dipertimbangkan atau didiskusikan oleh orang lain.

Secara umum, isi proposal berupa usulan kegiatan. Secara khusus, isi proposal dapat bervariasi tergantung pada jenis kegiatan yang diusulkan.

Jenis-jenis Proposal

1. Proposal Penelitian


Proposal penelitian adalah gagasan yang menjelaskan isu-isu atau pertanyaan-pertanyaan utama yang ingin dibahas. Proposal ini menguraikan bidang studi umum yang menjadi fokus penelitian yang diangkat, mengacu pada kondisi pengetahuan saat ini dan perdebatan terkini tentang topik tersebut. Proposal penelitian berisi tentang gambaran singkat penelitian, latar belakang, tujuan dan manfaat, dan lain sebagainya.

2. Proposal Kegiatan


Proposal kegiatan adalah gagasan yang bertujuan untuk mendapatkan tinjauan formal atas kegiatan yang diusulkan. Proposal kegiatan menjelaskan kerangka waktu, tujuan bisnis, dan perkiraan biaya kegiatan. Biasanya, proposal kegiatan ditujukan untuk membuat kegiatan seperti lomba, seminar, perizinan, dan lainnya.

3. Proposal Proyek atau Bisnis


Proposal bisnis adalah proposal yang berisikan tentang profil, kelebihan, keuntungan dan kerugian bisnis yang akan dibuat.

Baca juga: Generasi Milenial di Indonesia Mayoritas Hanya Menamatkan Pendidikan Tingkat SMA

Struktur Proposal Penelitian

1. Judul Proposal


Judul proposal adalah elemen utama yang menentukan isi proposal, sehingga buatlah judul proposal yang relevan dan menarik agar pembaca dapat memberikan dampak positif terhadap proposal yang diajukan.

2. Latar Belakang Proposal


Latar belakang berisi tentang gambaran umum dan permasalahan yang terjadi. Selain itu, dalam latar belakang dicantumkan juga alasan memilih topik tersebut.

3. Rumusan Masalah


Rumusan masalah biasanya berisi tentang pertanyaan terkait masalah yang dibahas di latar belakang.

4. Tujuan dan Manfaat


Tujuan dan manfaat proposal berisi tentang poin-poin tujuan yang ingin dicapai dan keuntungan ketika membaca penelitian.

5. Landasan Teori


Landasan teori adalah teori yang digunakan, yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Teori biasanya disampaikan oleh ahli-ahli di masing-masing bidang yang bersangkutan.

6. Metode Penelitian


Metode penelitian biasanya berisi tentang metode-metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian, seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan lainnya.

Struktur Proposal Kegiatan

1. Judul Proposal


Judul proposal adalah elemen utama yang menentukan isi proposal, sehingga buatlah judul proposal yang relevan dan menarik agar pembaca dapat memberikan dampak positif terhadap proposal yang diajukan.

2. Latar Belakang


Latar belakang berisi tentang gambaran umum dan permasalahan yang terjadi.

3. Tujuan dan Manfaat


Tujuan dan manfaat proposal berisi tentang tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan yang diajukan.

4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan


Bagian ini harus ditulis secara lengkap waktu kapan dilaksanakannya kegiatan, seperti tanggal, bulan, tahun, dan pukul berapa dilaksanakannya kegiatan. Serta, tempat dimana kegiatan dilaksanakan.

5. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan menjelaskan tentang bentuk kegiatan yang dibuat.

6. Rangkaian Kegiatan


Rangkaian kegiatan berisi susunan acara atau rundown kegiatan dari awal acara sampai akhir acara.

Baca juga: Aisya Noura dan Umair Badaruddin Juarai Kategori Siswa Gebyar PAI TK Kemenag 2023

7. Susunan Panitia


Susunan panitia berisikan panitia yang bekerja dengan menuliskan jabatan dalam kegiatan yang dilakukan.

8. Anggaran Biaya


Anggaran biaya berisi tentang rincian biaya yang masuk dan keluar. Anggaran biaya juga berisi tentang darimana biaya didapatkan.

9. Penutup


Penutup berisi tentang kesimpulan dan harapan yang ingin dicapai.

Contoh Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan Lomba Band


1. Latar Belakang

Berbicara tentang musik tidak lepas dari keharmonisan, keselarasan, dan emosi. Musik adalah bahasa global, dimana musik dapat digunakan sebagai bentuk penyampaian perasaan dan situasi yang benar-benar ditentukan oleh keharmonisan, persatuan, dan kesatuan, karena musik tidak membeda-bedakan orang. Untuk mengembangkan keterampilan dan mengembangkan teknik bermusik, tentunya diperlukan suatu wadah atau acara yang diharapkan dapat menggali dan mengembangkan bakat generasi muda, sekaligus mendorong kreativitas generasi muda secara lebih progresif dan lebih menguntungkan.
Untuk mengembangkan bakat generasi muda dalam mendorong kreativitasnya, kami mengadakan festival band dengan tema “Bakat Anak Muda. Melalui festival band ini, diharapkan generasi muda dapat menunjukkan bakatnya dengan mendorong kreativitas yang dimiliki agar dapat mengembangkan keterampilannya di dunia musik.

2. Tujuan dan Manfaat

Tujuan dan Manfaat dari kegiatan Festival Band ini adalah sebagai berikut:

1. Menampung dan menyalurkan bakat seni musik bagi generasi muda se-Jabodetabek.
2. Meningkatkan kemampuan para peserta dalam mengapresiasi musik.
3. Membina kebersamaan para generasi muda se-Jabodetabek.

3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari/Tanggal : Kamis, 17 Agustus 2023
Waktu : 08.00 s.d. 16.00 WIB
Tempat : Lapangan Serbaguna
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)