alexametrics

400 Artefak Indonesia Akan Hiasi Festival Seni di Eropa

loading...
400 Artefak Indonesia Akan Hiasi Festival Seni di Eropa
400 Artefak Indonesia Akan Hiasi Festival Seni di Eropa. (SINDOnews. Rina Anggraeni).
A+ A-
JAKARTA - Indonesia perkenalkan budaya seninya dalam festival seni budaya bergengsi di Eropa, EUROPALIA 2017, yang akan berlangsung dari 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. Sebanyak 400 Artefak asal Indonesia akan menghiasi Festival Bunga Rampai yang akan diselenggarakan di Belgia.

Tenaga Ahli Cagar Budaya Kemendikbud, Idham  Setiadi mengatakan, bahwa 400 artefak ini berasal dari budaya di beberapa daerah Indonesia. Hal ini untuk memperkenalkan ciri khas Indonesia di benua Eropa

"Jadi kurang lebih ada 400 artefak kita baik dari archa maupun benda pusaka yang dimiliki oleh Indonesia dalam festival bunga Rampai Eropa," ujar Idham Setiadi di Jakarta, Selasa ( 11/7/2017).

Ia mengatakan bahwa Indonesia baru pertama kali ikut serta dalam festival. Hal ini menandakan bahwa Indonesia memili cagar budaya yang baik dan diminati oleh masyarakat Eropa.



"Ini berarti kita ini hebat. Karena ini pertama kali buat kita dan juga Asia Tenggara," katanya.

EUROPALIA 2017 yang direncanakan akan diresmikan pembukaannya oleh kehadiran Bapak Presiden Joko Widodo bersama Raja Philippe dari Belgia. Sekaligus menghantar wajah ragam budaya Indonesia, menyampaikan pesan melalui kreasi warna dengan media gerak, bunyi, suara, maupun instalasi serta artefak.

Ajang ini menjadi ruang diplomasi budaya secara luas, yang juga bagian dari tugas dan fungsi Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya serta menjadi ruang promosi bagi industri kreatif bidang seni dan budaya.

Nantinya ajang ini akan diharapkan dapat merangkul interaksi antar bangsa dan negara utamanya mengangkat keberagaman seni budaya Indonesia agar lebih dipahami dan dinikmati khalayak yang lebih luas lagi sehingga akan mampu memberikan magnet ketertarikan dan kecintaan yang pada akhirnya membangun serta menghadirkan komunitas seni dan budaya dari mancanegara maupun negeri sendiri dan memberikan makna bagi Indonesia.
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak