alexa snippet

Yuk! Ajak Si Kecil Belajar Mengoperasikan Kereta di Hungaria

Yuk! Ajak Si Kecil Belajar Mengoperasikan Kereta di Hungaria
Yuk! Ajak Si Kecil Belajar Mengoperasikan Kereta di Hungaria. (Misteraladin).
A+ A-
JAKARTA - Di pinggiran kota Budapest, Hungaria, ada sekolah yang sekilas terlihat ‘normal’. Yap, anak-anak di Gyermekvasútas Otthon seakan belajar di kelas biasa, tapi ternyata ada yang beda dari ruangan kelas mereka. Bukannya poster rumus atau peribahasa, justru kamu bisa lihat poster tentang prosedur keamanan saat menjalankan kereta dan gambar desain mesin lokomotif.

Sekolah ini memang tempat bagi anak-anak umur 10-16 tahun belajar cara mengoperasikan jalur kereta. Mulai dari buka-tutup jalur kereta, memberikan pengumuman buat penumpang, jualan tiket, mengontrol sinyal, dan masih banyak lagi.

Mengutip MisterAladin, saat anda berada di Gyermekvasútas Otthon tepat pukul 8 pagi, bakal disuguhkan penampilan anak-anak berjaket biru gelap dan bertopi militer jalan berbaris dari ruang kelas ke arah lapangan buat apel pagi. Mereka bakal lanjut jalan berbaris ke tiang bendera di stasiun Hűvösvölgy buat upacara bendera sambil menyanyikan lagu tentang apa lagi kalau bukan lagu kereta anak-anak.

Anak-anak ini bukan murid sembarangan, lho! Mereka adalah anak-anak usia 10-14 tahun terpilih yang diseleksi dari seluruh wilayah Hungaria. Supaya bisa sekolah di sana, nilai-nilai mereka harus bagus dan mereka harus lulus program pelatihan intensif selama 6 bulan. Beberapa anak memutuskan sekolah sekaligus kerja di tempat ini karena ingin mengikuti jejak ayahnya atau memperbaiki nilai akademisnya yang masih kurang bagus. Buktinya, anak yang kebagian jadi penjual tiket ngaku kalau nilai matematika mereka jadi makin bagus karena kebiasaan ngitung harga tiket.

Rupanya, jalur kereta yang dioperasikan anak di bawah umur bukan hal yang aneh di sana. Di tahun 1932, jaman Uni Soviet belum pecah, jalur kereta anak pertama dibuka di Gorky Park, Moscow. Tapi, seiring berjalannya waktu, jalur-jalur kereta anak lain ditutup dan cuma jalur di Hungaria yang dipertahankan sampai sekarang. Untuk itu MÁV START Zrt, jalur kereta beserta sekolahnya bisa mendidik anak-anak jadi lebih disiplin sekaligus menjaga warisan budaya mereka.
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top