5 Tips Merawat Elastisitas Kulit Wajah di Usia 40-50

Senin, 09 Oktober 2023 - 09:32 WIB
loading...
5 Tips Merawat Elastisitas Kulit Wajah di Usia 40-50
Memasuki usia 40 hingga 50 tahun, perawatan kulit terutama di bagian wajah harus lebih ekstra. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Memasuki usia 40 hingga 50 tahun, perawatan kulit terutama di bagian wajah harus lebih ekstra. Sebab, semakin umur bertambah, maka konsistensi kolagen dan elastisitas kulit wajah sudah berkurang drastis.

Berkurangnya kolagen di kulit bakal mengakibatkan berbagai permasalahan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, noda hitam, dan lain sebagainya. Karenanya, kulit wajah harus terus dirawat.

Berikut tips merawat elastisitas kulit bagi Anda yang berusia 40-50 tahun.


1. Memakai Pelembab Wajah

Memakai pelembab wajah secara konsisten setiap hari dapat membuat kulit lebih lembab. Karena pada usia 40-50 tahun, kulit menjadi cenderung lebih kering. Namun ingat, memilih pelembab harus memperhatikan keadaan kulit masing-masing. Sebab, memilih pelembab dengan kandungan yang salah dapat menimbulkan masalah kulit yang baru.

2. Memakai Sunscreen

Paparan sinar UV dari matahari dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini bahkan kanker kulit. Maka itu, pemakaian sunscreen sangat dibutuhkan apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Pakailah sunscreen dari pagi hingga sore hari dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang ke wajah setiap 2-3 jam sekali dalam sehari. Direkomendasikan untuk memilih sunscreen dengan SPF antara 30-50.

3. Memakai Retinol

Retinol dikenal dapat menstimulasi produksi kolagen pada kulit wajah. Dengan memakai retinol dapat mengembalikan cahaya kulit.

Skincare yang mengandung retinol ada beberapa jenis seperti di pelembab, krim malam, maupun serum. Retinol hanya diperbolehkan dipakai saat malam hari karena jika dipakai pada pagi atau siang hari, dapat membuat kulit menjadi iritasi akibat terkena paparan matahari.

Pemakaian retinol juga harus dipantau kadarnya. Bagi pemula, tidak disarankan memakai retinol dengan kadar yang tinggi.

4. Mengonsumsi Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C, ekstrak anggur merah, dan teh putih mampu menjaga kulit dari efek radikal bebas serta mengurangi penuaan di kulit. Maka itu, pilihlah produk skincare yang mengandung vitamin c. Selain itu juga konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dalam buah dan sayuran.

5. Kualitas Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam, kekeringan kulit, dan garis-garis halus. Usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam dan konsisten dengan rutinitas tidur yang teratur. MG/Stevhani Tobing
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)