alexa snippet

Luncurkan Album The Best, Iis Dahlia Rilis Demi Kamu (Tum Hi Ho)

Luncurkan Album The Best, Iis Dahlia Rilis Demi Kamu (Tum Hi Ho)
Merayakan 30 tahun kariernya di kancah musik dangdut, Iis Dahlia merilis album istimewa, yaitu The Best of Iis Dahlia, dengan single Demi Kamu (Tum Hi Ho). (Instagram/Iis Dahlia)
A+ A-
JAKARTA - Merayakan 30 tahun kariernya di kancah musik dangdut, Iis Dahlia merilis album istimewa, yaitu The Best of Iis Dahlia. Album yang diproduseri Hadi Soenjoto ini merupakan kompilasi lagu-lagu terbaik yang pernah dinyanyikan Iis.

Selain itu, album ini pun jadi ajang pembuktian bahwa sampai saat ini, Iis masih tetap aktif berkarya dan eksis sebagai penyanyi dangdut. Ini karena belakangan, dia lebih dikenal sebagai juri ajang pencarian bakat di televisi dan dinilai sudah jarang berkarya lagi.

“Selama ini, ada saja yang bilang ke aku, ‘Eh, kok, Teh Iis asyik jadi juri aja, lupa ya sama profesi menyanyi? Padahal ya aku jadi juri di televisi konteksnya juga dalam musik dangdut. Padahal memang aku masih aktif menyanyi, ya panggung off air masih jalan, Alhamdulillah,” papar Iis Dahlia.

Tiga dekade terjun di industri musik dangdut membuat Iis Dahlia pantas disebut salah satu ikon musik dangdut. Hampir semua sub genre atau nuansa musik goyang asyik ini pernah dibawakan dengan manis oleh Iis Dahlia.

Lagu dangdut klasik, melayu hingga yang bernuansa India semua bisa dilalap habis oleh Iis. Bahkan, dengan penghayatan penuh Iis Dahlia dianggap berhasil membawakan lagu dangdut mellow dengan gaya khasnya. Paling tidak itulah yang terlihat dalam deretan lagu-lagu yang terangkum dalam album The Best of Iis Dahlia.

Ada 12 lagu dan 2 bonus track yang dikemas dalam album yang diedarkan di gerai makanan cepat saji ini. Keduabelas lagu itu terdiri atas beberapa lagu lama yang diaransemen ulang dan juga sejumlah lagu baru yang makin menunjukkan kematangan olah vokal Iis.

“Album ini aku bikin secara nyicil. Belakangan aku memang sudah melempar beberapa single baru. Nah, lagu-lagu baru itu ada di album ini. Memang berwarna warni. Kemasan musik bermacam-macam karena mewakili periode berbeda dari keberadaanku di musik dangdut Indonesia. Tapi, aku puas karena inilah album persembahan untuk penggemarku,” tutur ibu dua anak ini.

Formula Music yang bekerja sama dengan tim Jagonya Music and Sport Indonesia (JMSI) menggadang-gadang bahwa album ini bakal menjadi salah satu album yang ditunggu pencinta musik dangdut. Iis yang telah mengumpulkan banyak hits sejak berkiprah di tahun 1986, seperti lagu Tamu Tak Diundang hingga Seroja, begitu memanjakan peggemarnya lewat album ini.

Album The Best of Iis Dahlia ini memuat single-single manis Iis Dahlia dengan beragam genre musik. Yang istimewa, ada dua lagu yang diadaptasi dari India dengan dibawakan dalam bahasa Indonesia, yaitu Demi Kamu (Tum Hi Ho) dan Saat Kurindu (Sun Raha Hai). Dalam menerjemahkan ke dalam lirik bahasa Indonesia, Iis dibantu musisi Ashraf, kawan duet Iis beberapa tahun lalu saat membawakan lagu Kuch Kuch Hotta Hai.
 
Album The Best of Iis Dahlia juga memuat lagu baru Jomblo Senior. Lagu ciptaan Melly Goeslaw dan diaransemen Anto Hoed ini sebenarnya sudah dirilis tahun 2014.

“Ya itu tadi belakangan aku kan memang sudah nyicil lempar beberapa single baru. Makanya aku masukan sekalian semua lagu baruku di dalam album ini,” kata Iis.

Lagu itu terasa istimewa bagi Iis. Inilah kali pertamanya, Melly menciptakan lagu dangdut dan lagu itu dipersembahkan untuknya.

“Aku dikelilingi orang-orang dan para sahabat yang mendukung sekali. Aku sendiri tak punya obsesi tinggi di industri musik dangdut. Tapi, yang namanya mau disebut eksis ya kita harus terus berkarya. Album inilah buktinya,” ujar Iis.



(alv)
loading gif
Top