alexa snippet

Makan Ikan Mentah Bisa Menyebabkan Infeksi Cacing Parasit

Makan Ikan Mentah Bisa Menyebabkan Infeksi Cacing Parasit
Menyantap ikan mentah memang nikmat, tapi ada bahaya mengintai jika ikan itu tidak dipersiapkan dengan benar karena ikan mentah bisa membawa parasit. (Bundoo)
A+ A-
JAKARTA - Ikan salmon dan ikan tuna merupakan salah satu bahan pokok pada hidangan sushi. Umumnya ikan jenis ini dikonsumsi secara mentah bersamaan dengan sayur, nasi, nori, kecap asin dan wasabi. Meski terasa nikmat, namun ada bahaya mengintai dari mengonsumsi ikan mentah.

Pasalnya, jika tidak disiapkan dengan benar, ikan mentah bisa membawa parasit hingga memicu masalah kesehatan. Dilansir dari Daily Mail, para dokter telah memperingatkan mengonsumsi ikan mentah bisa menyebabkan terjadinya anisakiasis.

Anisakiasis merupkan infeksi yang disebabkan oleh cacing ascaris lumbricoides yang ada dalam usus, perut atau kerongkongan. Cacing jenis ini pun tergolong zoonosis yang berbahaya. Salah satu kasus terjadi pada pria berusia 32 tahun asal Portugal.

Awalnya pria ini mengalami sakit perut, muntah dan demam selama satu minggu setelah mengonsumsi ikan mentah di sebuah restoran Jepang. Ia pun dilarikan ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan melalui endoskopi untuk melihat bagian dalam tubuhnya.

Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan larva dari sebuah parasit ikan yang bernama anisakis menempel pada lapisan usus yang bengkak. Dokter pun memutuskan untuk mengeluarkan larva tersebut dengan jaring kecil khusus. Setelah larva berhasil dikeluarkan, kondisi pria ini semakin membaik.

Terkait kasus ini, Dr. Joana Carmo dari rumah sakit Egas Moniz di Lisboa, Portugal mengatakan, anisakiasis mirip dengan gejala abdomen akut, yaitu nyeri pada perut yang memerlukan tindakan bedah untuk mengatasinya. Selain sakit perut, muntah dan demam, kondisi ini juga memiliki gejala seperti mual, pencernaan berdarah, gangguan usus dan perforasi (kebocoran) usus.



(alv)
loading gif
Top