alexa snippet

Menikmati Kembali Keindahan Bunga Amarylis di Patuk, Gunungkidul

Menikmati Kembali Keindahan Bunga Amarylis di Patuk, Gunungkidul
Taman bunga amarylis di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, yang dulu sempat viral dan kemudian rusak akibat ulah para pengunjungnya, kini kembali mekar. (KORAN SINDO/Suharjono)
A+ A-
YOGYAKARTA - Bunga Desember, begitulah sebutan masyarakat untuk bunga amarylis. Disebut bunga Desember karena bunga itu biasanya mekar pada bulan di pengujung tahun tersebut.

Begitu pula dengan taman bunga amarylis di kawasan Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Taman ini semapt menghebohkan masyarakat dengan keindahannya. Bahkan, taman ini pun sempat menjadi viral di internet.

Tapi, karena ulah wisatawan yang nekat berfoto tanpa memperhatikan kondisi bunga, taman itu pun jadi rusak. Warganet pun bersuara dengan rusaknya taman amarylis tersebut dan ini menjadi viral.

Tahun ini, keindahan itu kembali ke taman bunga amarylis. Meski begitu, ada perbedaan siklus mekarnya bunga itu. Jika biasanya amarylis mekar pada bulan Desember, maka kali ini bunga itu mekar pada bulan Juli.

"Memang biasanya mekar di Bulan  Desember, Namun amarylis berbunga saat kemarau. Pada bulan Desember lalu curah hujan tinggi sehingga tidak berbunga," ungkap Sukadi pemilik taman bunga amarylis.

Dengan mekarnya kembali amarylis di taman itu, wisatawan pun kembali melirik kebun bunga dengan luas 2.350 meter persegi tersebut. Untuk menjaga keindahan taman dan menghindari hal-hal seperti sebelumnya, para wisatawan yang ingin berfoto kini sudah dibuatkan jalur khusus.

Bupati Gunungkidul Badingah pun menyempatkan mengunjungi taman bunga yang jarang ada di Indonesia tersebut.‎ "Kami bersyukur amarylis yang kini menjadi salah satu icon kecamatan Patuk mulai mekar. Dan memang asyik buat selfie atau foto keluarga juga," ujar Badingah.

Dia pun berharap wisatawan yang ingin berfoto untuk menjaga tanaman agar tidak rusak. Alur jalan yang telah disiapkan juga bisa digunakan sebagai jalur wisatawan agar tanaman tetap indah dan tidak patah‎.

"Memang harus hati-hati, karena amarylis mudah patah," kata dia.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top