5 Kota Terpanas di Indonesia Menurut BMKG, Wilayah Kamu Termasuk?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:34 WIB
loading...
5 Kota Terpanas di Indonesia Menurut BMKG, Wilayah Kamu Termasuk?
Ada sejumlah kota Indonesia yang menurut BMKG layak disebut sebagai kota terpanas. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kota Indonesia yang menurut BMKG layak disebut sebagai kota terpanas . Kota-kota ini memiliki suhu maksimum harian yang melebihi 35 derajat Celsius pada periode tertentu.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena kurangnya tutupan awan di sebagian besar wilayah Indonesia, sehingga mengakibatkan intensitas radiasi matahari yang sangat tinggi.

Dari sekian banyaknya kota di Indonesia, terdapat beberapa nama kota yang masuk dalam kategori terpanas. Adapun nama kota terpanas menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah sebagai berikut.

5 Kota Terpanas di Indonesia Menurut BMKG


1. Semarang, Jawa Tengah


Menurut BMKG, Semarang adalah kota terpanas di Indonesia. Pada awal bulan Oktober 2023, suhu maksimal di kota yang satu ini mencapai 25-36 derajat Celsius.



Warganet di Semarang juga mengeluhkan panasnya cuaca akhir-akhir ini. Saking panasnya, seorang warga Semarang bahkan melakukan percobaan menggoreng telur bermodalkan teflon, margarin, dan sinar matahari.

2. Surabaya, Jawa Timur


Suhu terpanas di Surabaya mencapai 36 derajat Celsius dan suhu terdinginnya sekitar 25 derajat Celsius. Suhu panas tersebut tentu berdampak pada kesehatan warganya.

Banyak warga Surabaya yang merasakan gerah akibat cuaca panas yang menyengat. Warga yang keluar ruangan memakai kaos kaki atau topi mengeluh tetap kepanasan seakan sinar matahari berhasil menembus pori-pori kulit.

3. Majalengka, Jawa Barat


Menurut BMKG, Kertajati, Majalengka, Jawa Barat adalah kota terpanas kedua di Indonesia. Pada awal Oktober 2023, suhu maksimal di Kertajati mencapai 24-36 derajat Celsius.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4737 seconds (0.1#10.140)